3 Minuman Pencegah Resiko Kanker Prostat

 Kanker prostat adalah salah satu gejala gangguan pada prostat yang umumnya menyerang laki-laki di usia tua, itulah sebabnya penyakit kanker prostat kadang disebut sebagai penyakit orang tua. Kanker prostat dapat dicegah selagi masih muda dengan menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Langkah pencegahan itu akan sangat menguntungkan bila dijalankan oleh mereka yang beresiko tinggi terkena kanker prostat.

pencegah kanker prostat

Siapa kelompok berisiko tinggi ini? Yakni pria usia 50 tahun ke atas atau yang memiliki riwayat kanker prostat dalam darah keturunan (ayah atau saudara pernah terkena kanker prostat).

Pencegahan dengan cara diet, jelas sangat alami dan mudah dilakukan. Para pria hanya perlu mendisiplinkan diri untuk menjalaninya. Langkah itu antara lain memangkas konsumsi lemak dan lebih banyak mengkonsumsi buah atau sayuran.

Jika Anda ingin terhindar dari kanker prostat, jauhi makanan berlemak seperti daging dan susu. Banyak studi mengemukakan, makanan tinggi lemak meningkatkan risiko terkena kanker prostat hingga dua atau tiga kali lipat. Pria Jepang yang masih menganut pola makan tradisional yakni banyak makan ikan ketimbang junk food, memiliki risiko yang jauh lebih kecil untuk terkena kanker prostat daripada pria AS.

Mengapa daging dan susu dianggap berbahaya? Menurut pakar kesehatan, lemak yang terdapat di dalam daging maupun susu dapat memacu peradangan, yang selanjutnya mendukung pertumbuhan tumor. Ketika Anda menumpuk lemak hewani dalam tubuh, sama artinya dengan memotong kadar antioksidan si pencegah kanker. Coba ganti daging merah dengan ikan atau daging unggas tanpa kulit. Lupakan susu penuh lemak, dan tukar dengan susu rendah atau tanpa lemak.

Berikut ini 3 konsumsi minuman yang cukup mudah kita dapatkan disekitar kita untuk mencegah kanker prostat.

  1. Susu kedelai – Selain mudah didapatkan di sekililing kita susu kedelai juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Para peneliti telah mengamati kesehatan 12.000 orang selama sekitar 20 tahun. Hasil temuan pria yang minum susu kedelai lebih dari satu kali per hari, 70 persen lebih tidak berisiko untuk terkena kanker prostat ketimbang pria yang tidak meminumnya. Karena itu, sebaiknya bagi para pria mulai rajin minum susu kedelai. Bisa juga mengganti susu untuk campuran sereal atau kopi, dengan susu kedelai.
  2. Wedang tomat – Pada tahun 2000, peneliti dari Universitas Hawaii memeriksa menu diet dari 3.237 pria. Setengahnya mengidap prostat dan setengahnya tidak. Survei membuktikan para pria yang bebas kanker ternyata mengasup lebih banyak sayuran dan kacang polong. Baru-baru ini penelitian di Kanada menunjukkan hasil yang sama. Jadi, bila Anda ingin bebas dari kanker prostat, makanlah sayuran setidaknya lima porsi sehari. Sayuran yang mengandung paling banyak zat pencegah prostat adalah tomat. Tomat mengandung likopen, salah satu keluarga karotenoid yang bersifat antioksidan. Oleh karena itu penting bagi beberap pria yang beresiko terserang kanker prostat mengkunsumsi buah tomat. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi wedang tomat di waktu luang atau waktu santai. Membuat wedang tomat tidaklah sulit, siapkan satu atau dua buah tomat, iris seprlunya, masukkan ke dalam gelas yang telas diisi gula atau madu, kemudian tuangkan air hangat.
  3. Juice apel – Buah apel sudah dikenal oleh kebanyakan Ilmuwan kaya akan Flavonol yang membantu tubuh kita untuk terhindar dari berbagai macam kanker, termasuk kanker prostat dan kanker pancreas. Bukan hanya daging buahnya yang baik untuk tubuh akan tetapi kulit buah apel juga mengandung senyawa triterpenoid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar, hati dan payudara.

Cara membuat juice apel cukup mudah, siapkan beberapa buah apel, air secukupnya, gula atau madu serta blender. Untuk memudahkan proses blender, terlebih dahulu anda bisa memotong kecil kecil beberapa buah apel. Kecuali jika anda mempunyai blender besar yang memuat buahnya sekaligus. Tambahkan air secukupnya. Usahakan jangan diberi air terlalu banyak, agar tekstur pekat dari jus apel bisa di dapatkan. Tambahkan gula atau madu sesuai selera.

Makan banyak sayuran seperti brokoli, kubis brussel, kol, dan kembang kol. Jenis buah-buahan tertentu juga dapat menurunkan risiko kanker prostat seperti apel, buah beri, melon dan semangka yang mengandung banyak fruktosa yang merupakan makanan pencegah kanker prostat. Tomat juga terbukti dapat menyembuhkan gangguan-gangguan pada prostat karena mengandung zat lycopene yang dapat mencegah kanker prostat dan mengecilkan ukuran tumor prostat.

Sayangi diri anda mulai sekarang. Cegah kanker prostat dari sekarang. Berikan minuman minuman seperti diuraikan diatas pada orang orang yang anda sayangi. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *