6 Manfaat Memelihara Jenggot Bagi Kesehatan Kulit Wajah Anda

Jenggot merupakan rambut yang tumbuh di dagu. Biasanya orang berjenggot identik dengan seorang muslim, karena dalam ajaran Islam disunnahkan untuk berjenggot. Padahal dalam kenyataan jenggot tidak hanya ditumbuhkan oleh orang muslim saja. Siapa sangka rambut yang tumbuh di dagu tersebut ternyata menyimpan manfaat.Manfaat memelihara jenggot bagi kesehatan kulit memang jarang disadari orang.

Manfaat Memelihara Jenggot Bagi Kesehatan Kulit Wajah Anda

Kebanyakan mereka menumbuhkan jenggot dengan tujuan menambah penampilan.Tentu saja anda perlu memberikan perhatian ekstra agar jenggot terlihat rapi dan tidak berantakan.Jika tidak maka anda akan terkesan tidak rapi.Ada yang memendekannya, atau memanjangkannya.Nah, dibawah ini ada beberapa manfaat menumbuhkan jenggot untuk kulit anda.

  • Mencegah Berbagai Macam Penyakit – Siapa sangka jika menumbuhkan jenggot dapat mencegah berbagai penyakit yang kerap hadir di musim penghujan, seperti batuk dan flu.Dengan menumbuhkan jenggot, akan membuat wajah dan bagian leher anda lebih hangat, sehingga terlindungi dari udara dingin.Semakin panjang dan penuh jenggot, semakin maksimal menghangatkan kulit wajah.
  • Menumbuhkan Jenggot akan Mempertahankan Kelembaban Alami Kulit – Ketika anda mencukur jenggot, kulit wajah bagian bawah akan terpapar sinar matahari dan udara dingin, akibatnya kulit menjadi kering. Saat jenggot tumbuh di dagu, kelembaban kulit akan dikembalikan oleh kelenjar-kelenjar kulit.
  • Tahukah Anda, Jika Menumbuhkan Jenggot dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit? – Keberadaan jenggot dapat mengurangi resiko kanker kulit.Hal ini dikarenakan sinar UV dari matahari yang memicunya tidak memapar kulit wajah secara langsung.Sehingga resiko kanker kulit dapat diminimalisir.Jika tidak ada jenggot, anda harus menggunakan sunscreen untuk mencegah kanker kulit. Penelitian terbaru di University of Southern Queensland, ditemukan jika bagian kulit wajah yang tertutup jenggot memiliki paparan UV yang lebih rendah dibanding yang tidak.Hasil penelitian mengenai manfaat memelihara jenggot bagi kesehatan kulit ini bahkan telah dipublikasikan dalam jurnal Radiation Protection Dosimetry.
  • Menjaga Kulit Wajah tetap Halus dan Terlihat Awet Muda – Ketika mencukur jenggot, dan menghasilkan luka ataupun nodadi wajah anda akan mengakibatkan kelembutan kulit pipi dan dagu terganggu. Maka disarankan untuk tidak mencukur habis jenggot, sehingga resiko luka dan noda dapat diminimalisir.Selain itu dengan tumbuhnya jenggot, dapat menghentikan aliran air meinggalkan wajah, dengan begitu menjaga kulit wajah tetap lembab, seerta melindungi kulit dari terpaan angin yang dapat menyebabkan kulit kering.
  • Menumbuhkan Jenggot dapat Mencegah Alergi dan Infeksi – Sama halnya dengan bulu hidung, jenggot dapat berguna sebagai pelindung kulit wajah dari debu atau alergen yang dapat memicu timmbulnya alergi. Dengan memilihara jenggot, masalah kulit seperti ruam, infeksi bakteri ataupun folikulitis dapatdihindari.Mencukur jenggot terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri ataupun ruam.
  • Mencegah Serangan Asma – Jenggot mampu melindungi seseorang dari gejala asma.Gejala asma dipicu oleh serbuk atau debu, ketika debu dapat ditahan dijenggot hal ini dapat menurunkan gejala asma yang mungkin terjadi.Hal ini diungkapkan langsung oleh Carol Walker, ahli kesehatan rambut Birmingham Trichology Centre.

Itulah beberapa manfaat memelihara jenggot bagi kesehatan kulit.Bagi anda yang laki-laki, memang disarankan untuk menumbuhkan jenggot.Dengan catatan tetap menjaga kebersihan dan kerapihannya.Hal ini berguna untuk mendukung penampilan.Hal yang perlu anda catat ialah hindari mencukur jenggot terlalu sering, untuk menghindari resiko infeksi yang timbul.Demikianlah artikel ini kami sajikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *