Apa Saja Makanan Yang Berbahaya Untuk Gigi?

Apa Saja Makanan Yang Berbahaya Untuk Gigi?

Perlu anda ketahui bahwa kesehatan gigi itu sangat penting dan harus anda jaga. Seringkali menggosok gigi saja tidak cukup menjamin bahwa gigi anda sudah terlindungi. Karena gigi merupakan organ mulut yang paling rawan terserang kuman. Sehingga perlu anda ketahui apa saja makanan yang berbahaya untuk gigi. Apalagi gigi digunakan setiap hari untuk mengunyah makanan, menelan minuman. Karena baik makanan atau minuman panas maupun dingin semuanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan gigi. Terlebih untuk makanan yang banyak macamnya. Bisa jadi makanan kesukaan anda salah satu penyebab utamanya kerusakan gigi.

Makanan Yang Berbahaya Untuk Gigi

Gigi yang sehat adalah gigi yang dapat melakukan tugasnya yaitu menghancurkan makanan sebelum sampai ke kerongkongan. Gigi yang sehat juga gigi yang tidak berlubang serta tidak ada karang gigi yang menempel. Sebab karang gigi ternyata berbahaya bagi gigi. Tahukah anda bahwa karang yang terdapat pada gigi bisa membuat gigi tergerogoti sampai habis. Maka itu dianjurkan untuk melakukan pemriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Gunanya untuk mengecek apakah gigi terdapat karangnya atau gigi berlubang atau juga gigi sensitif. Untuk mencegah kerusakan gigi sebelumnya perlu anda ketahui apa saja makanan penyebab gigi berlubang, berikut ulasannya:

  • Makanan yang terlalu manis, seperti permen, gula, cokelat, manisan
  • Makanan yang berwarna merupakan makanan yang berbahaya untuk gigi seperti, cemilan atau snack yang mengandung bahan perwarna
  • Terlalu banyak minum es bisa membuat gigi sensitif, baik itu es krim maupun es biasa bahkan air minum yang dingin
  • Minuman beralkohol dapat merusak gigi
  • Makanan yang terlalu asam
  • Terlalu banyak makan nasi
  • Dan makanan lain yang mudah menempel pada gigi

Beberapa jenis makanan di atas merupakan makanan yang dapat merusak gigi dan membahayakan bagi kesehatan gigi. Mungkin makanan atau minuman di atas sering anda konsumsi atau bahkan setiap hari anda mengonsumsinya. Hal ini jelas berbahaya bagi kesehatan gigi anda. Apalagi jika anda termasuk orang yang jarang pergi ke dokter gigi. Mengonsumsi makanan secara terus menerus tanpa memerhatikan kesehatan gigi anda dapat membuat gigi anda menjadi cepat berlubang. Karena pada dasarnya menggosok gigi saja tidak cukup. Menggosok gigi hanya sebagian kecil cara agar gigi anda bersih dari kotoran. Namun setelah menggosok gigi bukan berarti gigi anda terlindungi selama 24jam. Karena biasanya gigi yang telah dibersihkan menggunakan pasta gigi hanya bertahan 3 jam. Selebihnya gigi anda akan mudah dimasuki kuman. Apalagi jika anda makan secara terus menerus.

Untuk mencegah gigi berlubang, langkah awal memang menggosok gigi secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur. Menjelang tidur pastikan gigi anda bersih dari sisa-sisa makanan. Beberapa jenis makanan yang terdapat di atas pastinya hampir setiap hari kita konsumsi. Karena itu untuk menjaga gigi tetap sehat perlu dilakukan perawatan yang rutin. Mulai dari menyikat gigi sampai memeriksakan gigi ke dokter. Jika sudah tahu makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang dapat merusak gigi maka jangan terlalu sering mengonsumsinya. Jangan lupa kurangi juga makanan yang berbahaya untuk gigi, agar gigi bisa tetap sehat dan dapat digunakan setiap kali makan. Untuk itu mulai saat ini jaga gigi agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat pula. Seperti susu yang banyak mengandung kalsium, serta sayuran yang baik untuk kesehatan gigi