Bagaimana Cara Menghilangkan Widget di Android?

Operating system android memiliki banyak keunggulan. Tidak heran jika operating system ini kini populer di seluruh dunia. Ada banyak alasan kenapa android disukai banyak pengguna, salah satunya yaitu widget yang memudahkan penggunaan smartphone. Cara memunculkan widget sangatlah mudah, semudah cara menghilangkan widget di android. Keberadaaan widget, selain memudahkan juga mempercantik penampilan gadget anda. Ada banyak widget yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan layar anda, mulai dari jam, laporan cuaca, gmail, tanggal, dan lain sebagainya.

Menghapus Widget di Android

Widget bisa dipasang di berbagai lokasi sesuai selera anda. Bahkan ukuran widget pun bisa anda atur sesuka hati, apakah kecil, atau seukuran layar. Fitur widget merupakan salah satu fitur unggulan yang ada di android, pada operating system ponsel sebelumnya, belum ada penggunaan widget. Paling banter widget ditemukan pada komputer atau laptop. Bagaimana memunculkan dan menghilangkan widget di layar home android anda? Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda tempuh:

  • Pertama anda harus memiliki smartphone android, versi android apapun bisa dipasang widget mulai dari ginger bread, ice cream sandwich, jelly beans, hingga kitkat. Tampilan setiap widget berbeda, baik antara ponsel maupun antara versi android. Meski secara umum ada kesamaan, misalnya kalender ataupun jam digital atau konvensional. Namun desain dan ukuran widget berbeda satu dengan lainnya.
  • Langkah kedua, bukalah halaman home, kemudian tekan daerah yang masih kosong. Anda akan diarahkan ke menu pasang widget.Pada beberapa android, menu widget akan muncul bersama menu aplikasi dan walpaper.
  • Selanjutnya tinggal memilih widget mana yang akan digunakan. Biasanya satu widget memiliki banyak variasi, misalnya desain jam yang umumnya ada 3 buah, ataupun desain laporan cuaca yang ada banyak. Cukup ketuk satu kali ke widget, dan widget otomatis terpasang di layar home anda. Mudah bukan?
  • Desain sebuah widget yang beragam, akan membantu mempercantik tampilan layar home anda. Gunakan desain widget yang sekiranya sesuai dengan selera anda. Ingat jika semakin banyak widget yang anda gunakan, akan semakin memberatkan kinerja gadget anda. Jadi gunakan widget yang memang diperlukan saja, semisal tanggal, ataupun jam.
  • Anda juga dapat menambahkan jumlah halaman pada layar home untuk memudahkan menaruh widget. Terutama widget kalender dan widget jam, baik digital maupun konvensional.
  • Lalu bagaimana cara menghilangkan widget di android? Pertama buka layar home smartphone nadroid anda. Tekan widget yang akan dihapus, kemudian arahkan ke remove atau tempat sampah. Dan widget otomatis akan terhapus dari layar home android anda.

Selain memperberat kinerja smartphone android anda, widget juga akan mempengaruhi RAM dan baterai. Menggunakan widget akan memakan RAM dalam jumlah tertentu, bagi anda yang mengutamakan ruang RAM yang lega untuk bermain games, sebaiknya menghindari penggunaan widget yang tidak perlu. Di sisi lainnya, menggunakan widget akan menguras baterai smartphone anda lebih cepat. Meski di play store terdapat banyak aplikasi penghemat baterai, mengurangi widget yang tidak diperlukan akan membantu anda untuk menghemat baterai. Jika anda merasa android anda melambat, barangkali sudah saatnya anda mengurangi widget pada layar home anda.Meski prosessor anda quad core sekalipun, terlalu banyak widget tetap akan memperlambat. Itulah tutorial cara memunculkan dan cara menghilangkan widget di android yang bisa anda coba lakukan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *