Bahaya Memakai Headset untuk Kesehatan

Bahaya memakai headset untuk kesehatan, khususnya jika Anda memakai headset tersebut terlalu lama. Mendengarkan musik memang asyik, tetapi jangan sampai kebiasaan tersebut akhirnya harus mengorbankan kesehatan Anda. Sekarang ini memang untuk mendengarkan musik menjadi lebih mudah, terutama sejak ditemukannya teknologi headset dan MP3 player portable, jadi Anda bisa mendengarkan musik kapanpun dan dimanapun. Tetapi perkembangan teknologi memang selalu membawa dampak positif dan negatif, bisa membawa dampak negatif khususnya jika Anda tidak bijak dalam menggunakan teknologi tersebut, dalam hal ini misalnya terlalu lama mendengarkan musik dengan headset. Mari baca selengkapnya.

Bahaya Memakai Headset untuk KesehatanVolume terlalu keras

Sebagian besar orang, khususnya anak muda yang ingin terlihat gaul, umumnya mendengarkan MP3 atau musik dengan tujuan menghabiskan waktu luang. Dan seringkali di tempat umum juga, seperti di tengah-tengah keramaian. Karena berada di tempat ramai, akhirnya orang-orang ini mengeraskan volume suaranya, dibandingkan ketika mereka mendengarkan musik dengan headset di rumah. Memang akhirnya suara luar tertutupi, tetapi ternyata efek negatif dari volume terlalu keras yang keluar dari headset berdampak buruk bagi telinga dan otak. Bagi yang belum pernah mendengar tentang ini, mungkin mereka tidak akan mengerti dan cuek-cuek saja. Tetapi bagi Anda yang sudah membaca info kesehatan ini, Anda mungkin sebaiknya menginfokan hal ini kepada teman-teman Anda yang memiliki kebiasaan tersebut, sebelum kesehatan mereka akhirnya terganggu.

Suara ringan yang bisa didengarkan

Bagi orang yang sudah usia dewasa, maka suara ringan yang bisa didengarkan itu antara 25 hingga 40 DB, namun bagi anak-anak yaitu antara 20 hingga 40 DB. Namun untuk Anda yang memang seringkali memakai earphone atau headphone dalam jangka waktu lama, direkomendasikan mengurangi waktu pemakaiannya. Sekarang mari kita lihat apa saja bahaya-bahaya yang menghadang jika Anda memaki headset untuk jangka waktu yang terlalu lama?

Bahaya memaki headset untuk jangka waktu berlebihan
Kinerja otak

Menggunakan headset untuk jangka waktu lama itu terbukti bisa mengganggu kinerja dari otak Anda. Kondisi ini dikarenakan gelombang elektromagnetik dari earphone atau headset yang bisa berpengaruh ke otak. Pernah dilakukan penelitian dan hasil penelitian menunjukkan apabila gelombang elektromagnetiklah yang menjadi faktor penyebabnya. Memang teori ini belum terbukti dengan dasar yang kuat, namun tentunya ini bisa menjadi sebuah peringatan dini untuk Anda semua.

Pendengaran

Kedua, memakai headset atau earphone dalam waktu lama juga bisa mengganggu kemampuan pendengaran Anda, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Apalagi jika Anda mendengarkan musik memakai headset tersebut dengan setelan volume yang keras, suara bising di sekitar saja bisa mengganggu pendengaran, apalagi suara dari headset yang jaraknya ke gendang telinga cukup dekat. Pertama-tama mungkin efek negatif pada pendengaran tidak akan langsung terasa, gangguan awal biasanya hanya berupa suara berdengung saja. Tetapi seiring waktu efek negatif lain akan muncul dan Anda rasakan. Anda beresiko lebih tinggi mengalami gangguan fungsi pendengaran pada usia muda jika kebiasaan mendengarkan headset dalam waktu lama dan volume keras terus Anda lakukan. Pemakaian maksimal yang disarankan yaitu di bawah 5 jam untuk seminggu. Anda bisa membaginya sendiri ke dalam beberapa hari, dan usahakan jangan tiap hari memakai headset tersebut, walaupun setelan volumenya Anda pelankan. Sekian artikel tentang bahaya memakai headset untuk kesehatan, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *