Bahaya Terlalu Lama berada Depan Komputer

Bahaya terlalu lama berada di depan komputer itu benar-benar ada dan harus Anda waspadai, khususnya bagi Anda yang bekerja seharian di depan komputer. Mungkin jika Anda belum mengetahui bahayanya, Anda akan cuek-cuek saja dan terus berada di depan komputer, oleh karena itu kita menghadirkan informasi ini untuk Anda baca supaya Anda bisa lebih waspada dan berhati-hati. Memang saat ini komputer itu merupakan teknologi yang bisa membantu Anda melaksanakan pekerjaan dengan lebih mudah, tetapi jangan sampai komputer menjadi bumerang bagi kesehatan Anda. Mari baca selengkapnya.

Bahaya Terlalu Lama berada Depan Komputer

Hasil penelitian

Pernah dilakukan penelitian tentang ini, penelitian tersebut dilakukan universitas luar negeri. Hasil penelitian menunjukkan jika Anda duduk terlalu lama di depan komputer, entah itu untuk bermain atau menyelesaikan pekerjaan, ternyata meningkatkan resiko terserang berbagai jenis penyakit. Disebutkan juga jika orang-orang yang memang bekerjanya itu di depan komputer cukup sering, beresiko lebih tinggi hingga 2x terserang kanker usus. Selain ini, ternyata masih banyak resiko lainnya yang harus ditanggung oleh orang tersebut. Memang duduk terlalu lama di depan komputer sudah diketahui memiliki efek negatif sejak lama, Anda tentu merasakan sendiri ketika melakukannya, di mana tubuh menjadi tak nyaman dan Anda ingin istirahat.

Beberapa penyakit yang dapat disebabkan karena bekerja atau bermain depan komputer terlalu lama dan terlalu sering:
  • Kanker usus
  • Sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Kerusakan mata
Kanker usus

Untuk penyakit kanker usus seperti yang disebutkan sebelumnya, ini memang pernah terjadi. Di mana ada seseorang yang sudah bekerja sepuluh tahun lamanya di depan sebuah komputer, jadi sehari-hari orang tersebut lebih sering menghabiskan waktunya bekerja depan komputer, dan alhasil orang tersebut terjangkit kanker usus. Disebutkan oleh University of Western Australia bahwa ini dapat terjadi karena faktor utama tubuh yang tak aktif untuk jangka waktu cukup lama. Jadi jika Anda semakin aktif maka resiko terserang kanker usus pun akan berkurang. Untuk penyakit-penyakit lainnya yang bisa diderita juga cukup banyak, dan penyakit tersebut bukanlah penyakit ringan melainkan banyak penyakit yang bisa membahayakan jiwa Anda.

Sakit kepala

Bekerja depan komputer berarti Anda akan terus menerus melihat layar komputer, karena tidak mungkin bekerja tanpa melihat layar komputer. Dan itu juga berarti bahwa Anda terkena pencahayaan fluorescent terus menerus, di mana cahaya ini tak bisa dilihat secara langsung. Pencahayaan fluorescent ini bisa menyebabkan ketegangan pada mata Anda dan juga rasa sakit kepala tak tertahankan. Ini merupakan faktor karena Anda menatap layar komputer dengan waktu yang terlalu lama.

Sakit punggung

Selain sakit kepala, yang sudah pasti Anda rasakan adalah sakit punggung. Apalagi jika posisi duduk Anda tidak benar dan dalam posisi lama. Mungkin sakit punggung tidak termasuk penyakit yang membahayakan, namun cukup sulit disembuhkan dan akan membuat hari-hari Anda menjadi tidak nyaman. Belum lagi jika karena posisi duduk yang tidak benar, akhirnya terjadi pertumbuhan tulang yang salah, dan Anda menjadi bungkuk karenanya.

Kerusakan mata

Monitor komputer itu mengeluarkan radiasi, dan radiasi inilah yang berbahaya untuk kesehatan mata Anda. Pada awalnya biasanya mata akan menjadi pedih, lama kelamaan akhirnya pandangan menjadi kabur dan mata Anda pun menjadi kurang bagus penglihatannya. Sekian artikel tentang bahaya terlalu lama berada depan komputer, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *