Beberapa Ciri-Ciri Anak Cerdas Di Sekitar Kita

Dalam setiap kehidupan, seringkali kita mengetahui bahwa ada beberapa orang yang mempunyai apa itu yang diseut dengan cerdas. Dan bukan hal yang tidak mungkin bahwa anak kita merupakan anak yang cerdas pula. Kita harus mengetahui cirri-ciri anak cerdas dengan seksama agar kita dapat mengambil tindakan yang tepat. Tindakan yang tepat disini adalah bahwa anak cerdas harus diberika cara khusus atau tertentu untuk membuat kecerdasannya terus berkembang. Karena anak cerdas akan lebih banyak ingin tahu serta aktif dibandingkan dengan anak yang biasa saja. Maka dari itu, jangan sampai kita tidak mengetahui bahwa ada anak cerdas yang ada di sekitar kita bahkan jika itu adalah anak kita sendiri.

Ciri Anak Cerdas

Beberapa ciri-ciri dari anak cerdas adalah sebagai berikut :

  • Mampu berbicara dengan lancar – Memang, banyak anak yang mampu bicara dengan lancar. Tetapi anak yang cerdas bukan hanya sekedar itu. Anak yang cerdas akan mampu berbicara dengan lancar dibandingkan dengan anak yang seumurnya. Jadi, disaat anak yang lain belum dapat berbicara dengan jelas, dia bisa berbicara jelas terlebih dahulu.
  • Ingin tahu lebih dalam – Jarang ada anak yang seperti ini. Ketika anak seumurannya hanya bermain dan bernyanyi, anak cerdas terkadang tidak demikian. Dia akan memiliki pertanyaan yang bahkan banyak anak justru belum mempunyai fikiran untuk menanyakannya. Maka dari itu, kita harus terus menjawab pertanyaan anak kita yang cerdas jika memang anak tersebut memberikan pertanyaan.
  • Selalu ingin mencoba – Selalu ingin mencoba disini adalah, dia selalu ingin mencoba hal baru yang ada di sekitarnya. Entah itu permainan atau berbagai macam kesibukan. Hal ini dikarenakan terkadang banyak anak cerdas yang cepat bosan dengan apa yang dilakukannya dengan terus menerus. Maka dari itu, mereka selalu mencari hal baru, jika dirasa rutinitas yang lama terlihat menjemukan.
  • Mempunyai talenta – Walaupun dia cepat bosan, biasanya dia kan mempunyai beberapa kebiasaan tertentu yang dia lakukan, yang akhirnya menghasilkan sebuah bakat atau hobi. Contohnya saja seorang anak bisa memainkan piano atau alat musik lain sejak dini, ini memperlihatkan bahwa dia ada hal lain yang membuatnya ingin terus melakukan hal tersebut. Dan inilah yang disebut talenta atau bakat.
  • Dapat berimajinasi – Imajinasi memang dimiliki oleh banyak anak. Tetapi anak cerdas mempunyai imajinasi yang jelas di dalam fikirannya. Dimana dia akan dapat membeberkan banyak imajinasi yang dipunyanya dengan jelas dan terperinci. Inilah yang membuatnya menjadi berbeda dengan yang lain.
  • Senang Melihat serta Mengamati – Ini yang sangat diperlihatkan oleh orang cerdas. Mereka cenderung melihat dan juga mengamati berbagai kejadian yang ada di sekitar mereka. Dan mereka dapat dengan cepat mengaplikasikannya dengan sangat baik. Atau bahkan mencari tahu tentang pengamatan tersebut. Dan ini berbeda dengan kebanyakan anak lain yang hanya melihat tanpa mengamati dengan jelas.

Diatas tadi adalah beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat dari anak yang cerdas. Ada baiknya, jika kita telah mengetahui jika anak kita mempunyai kecerdasan, bisa langsung kita salurkan menurut hal yang disukainya. Agar apa yang dilakukannya menjadi berkembang dan dia menjadi tidak cepat bosan. Ciri-ciri anak cerdas tadi juga sekiranya sudah mampu memperlihatkan bahwa banyak anak cerdas yang tidak suka diam. Jadi jika anda mempunyai anak cerdas, selalu ajak dia untuk aktif dalam setiap kegiatan yang dia suka dan dia ingin lakukan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *