Beberapa Tanda Tubuh Kekurangan Serat yang Harus Anda Ketahui

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yag seimbang. Karena itu banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan empat seht lima sempurna. Para dokter juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat memegang peran yang vital dalam pencernaan, jika kekurangan akan memunculkan berbagai masalah. Tanda tubuh kekurangan serat akan terlihat jelas dan dirasakan secara langsung.Kekurangan serat juga meningkatkan berbagai resiko penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, dan lain-lain.

Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Sayang, banyak makanan yang dijual mengandung lemak alih-alih serat.Terutama makanan cepat saji seperti burger atapun ayam goreng.Selain meningkatkan kolesterol, makanan cepat saji juga kurang baik bagi anda.Banyak ditemukan kasus obesitas karena terlalu banyak mengokonsumsi makanan cepat saji.Sebetulnya anda dapat melirik berbagai makanan sehat yang lezat.Tujuannya agar suplai serat dapat dipenuhi setiap harinya.Bagi anda yang belum tahu, ada beberapa tanda utama yang muncul jika seseorang kekurangan serat, diantaranya yaitu:

  • Sembelit – Sembelit merupakan gejala yang paling menonjol dari tubuh yang kekurangan serat.Jika dalam seminggu anda hanya buang air besar kurang dari 3 kali, feses keras dan kering, anda dipastikan terkena sembelit.Selain kekurangan serat, penyebab sembelit lainnya yaitu kurang berolahraga serta pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Anda tidak perlu membeli obat-obatan pabrik yang berguna mengatasi sembelit, karena ada cara mudah mengatasinya. Anda cukup mengkonsumsi buah dan sayur, jika anda merasa jenuh, anda bisa mengkonsumsi jus buah.Usahakan kurangi gula dalam jus buah, karena kurang baik bagi kesehatan.Mulailah rutin berolahraga dan minum air putih yang cukup setiap hari.
  • Berat Badan Bertambah – Jika bobot tubuh anda bertambah, kemungkinan anda kurang mengkonsumsi serat.Mengkonsumsi sayur dan buah selain mengenyangkan juga membuat nyaman. Karena sebanyak apapun anda mengkonsumsi sayur dan buah, tidak akan membuat anda gemuk. Setiap harinya anda harus mengkonsumsi serat 25-35 gram.Untuk mengatasi kebosanan menu, anda bisa mengolahberbagai sayuran menjadi berbagai menu yang lezat.Banyak resep menu berbahan sayur yang mudah ditemukan di internet ataupun majalah.
  • Fluktuasi Gula Darah – Tanda tubuh kekurangan serat yang ketiga yaitu fluktuasi kadar gula darah. jika anda menderita penyakit Diabetes Melitus, dan anda kesulitan mengontrol gula darah, barangkali itu merupakan tanda anda kekurangan serat. Segeralah berkonsultasi ke dokter terdekat. Anda bisa menambhakan produk segar sayur dan buaha-buahan ke dalam menu diet anda.
  • Merasa Mual – Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tidak hanya menaikan kolesterol namun juga membuat anda lemah, mual dan merasa cepat lelah.Porsi makanan berlemak yang tinggi setiap hari, meningkatkan resiko obesitas. Obesitas akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit lain seperti jantung ataupun diabetes melitus. Karena itu kurangi makanan berlemak dan tingkatkan makanan yang mengandung sayuran dan buah-buahan.

Mengolah makanan berbahan sayuran merupakan tantangan tersendiri.Karena banyak orang yang jenuh dengan rasa masakan berbahan sayur yang itu-itu saja.Anda bisa menjajal beragai resep makanan sehat yang mudah diperoleh dari berbagai sumber seperti internet ataupun majalah.Resep-resep tersebut akan mengatasi kebosanan anda terhadap menu sayuran yang dirasa monoton.

Itulah beberapa tanda tubuh kekurangan serat yang bisa anda ketahui.Mulailah menjaga kesehatan dengan olahraga teratur dan mengurangi makanan yang berlemak.Hal ini akan bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran di dalam maupun luar tubuh anda ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *