Benarkah makan Upil bermanfaat untuk kesehatan?

Jika Anda melihat anak Anda ngupil, terkadang mereka (maaf) memakan upilnya sendiri. Namanya anak-anak, mereka tentu tidak mengerti, tetapi apakah ini berbahaya? Memang tidak terlalu meyakinkan, tetapi dikatakan bahwa upil ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan. Penasaran? Baca kelanjutannya di bawah ini.

Benarkah makan Upil bermanfaat untuk kesehatan

Penelitian tentang upil dan manfaatnya untuk kesehatan

Seorang dokter spesialis paru-paru yang bernama Profesor Dr Friederich Bischinger (Austria) menyebutkan bahwa upil ternyata bisa meningkatkan sistem antibodi tubuh, sehingga tubuh pun menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Penemuan ini sebenarnya sudah sejak lama, memang artikel ini baru dibuat tahun 2014, tetapi ternyata penemuan tersebut sudah keluar sejak tahun 2004. Dan tentu saja, penemuan yang sedikit nyeleneh tersebut dan menjijikkan membuat gempar banyak orang seantero dunia. Dan kecaman dari para ahli medis lain dan orang awam tentu saja banyak muncul ke permukaan, mereka semua mengatakan jika teori itu tak masuk akal.

Memang jika dipikirkan secara bagaimanapun, teori tersebut tak masuk akal. Secara upil itu sama dengan kumpulan kotoran, tepatnya kotoran hidung. Lendir yang bertugas menangkap benda asing seperti debu dan lain-lain serta bakteri yang mau masuk ke dalam tubuh melalui hidung akan ditangkap oleh lendir tersebut kemudian setelah mengering akan berubah menjadi upil. Nah, secara teori sudah jelas bahwa tubuh berusaha menahan benda asing berbahaya supaya tak masuk ke dalam tubuh, tetapi teori dokter asal Austria tersebut malah menyarankan untuk memakan kembali upil tersebut? Apakah itu tidak aneh?

Ternyata tak hanya Dr Friederich Bischinger yang menyebutkan teori bahwa memakan upil bisa menyehatkan, untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Melainkan dosen biokimia yang berasal dari universitas lain (Scott Napper) juga menyebutkan teori yang mirip dengan dokter spesialis asal Austria sebelumnya. Dia menyebutkan jika upil memang merupakan lendir yang sudah mengering dan mengandung kuman serta benda asing lainnya yang ditolak oleh tubuh. Tetapi dengan memakan upil tersebut, otomatis tubuh pun akan menjadi terlatih, sehingga sistem imun akan semakin meningkat. Ya, karena kehadiran kuman itu dalam tubuh lagi setelah dimakan bersamaan dengan upil dari hidung.

Tetapi bagaimanapun juga, memang disarankan Anda jangan memakan upil Anda sendiri maupun upil orang lain, karena kita masih belum mengetahui apakah teori tersebut memang benar-benar terbukti. Dan lagi, masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yang tidak mengharuskan Anda melakukan hal yang membuat geli ini. Anda mungkin akan terbayang-bayang rasa tak enak terus menerus, bahkan saat makan, jika nekat mencoba melakukan hal ini, belum lagi Anda akan menjadi bahan tertawaan teman-teman Anda jika ketahuan mencoba memakan upil. Nanti bukannya daya tahan tubuh yang meningkat yang didapat, melainkan pikiran stress yang didapat, dan nantinya efek negatif yang didapat justru malah akan bertambah lebih banyak. Masih banyak cara metode lain untuk meningkatkan sistem imun, contohnya olahraga dan makan serta minum yang bergizi. Konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi juga dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh supaya tak mudah terserang penyakit, dibandingkan Anda harus makan upil yang benar-benar tak sedap dipandang dan masih belum diketahui dengan pasti rasanya seperti apa. Sekian artikel tentang benarkah makan upil bermanfaat untuk kesehatan? Semoga menjawab rasa penasaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *