Berbagai Macam Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh Anda

Berbagai Macam Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh Anda

Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada banyak cara yang dapat anda lakukan. Disamping olahraga, dan menyeimbangkan waktu antara beraktivitas dan istirahat, kesehatan tubuh juga harus ditunjang dengan konsumsi makanan yang bergizi tinggi. Salah satunya buah mangga. Apa saja manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Buah Mangga

Ternyata buah manis-manis asam yang satu ini memiliki khasiat yang cukup tinggi untuk kesehatan tubuh kita. Buah mangga memang termasuk buah yang mudah dicari pada musimnya. Jenisnya juga bermacam-macam. Ada mangga manalagi, harum manis, golek, dan berbagai jenis lainnya. Rasa dari buah mangga itu sendiri juga bervariasi tergantung jenis dan tingkat kematanganya. Buah mangga yang matang biasanya akan berbau lebih harum, meskipun warna kulitnya relative sama yaitu hijau. Sedangkan warna daging buahnya sendiri biasanya berwarna kuning, jingga, hingga orange. Buah ini nikmat dinikmati baik dimakan begitu saja ataupun dibuat menjadi jus, campuran es buah, dan berbagai olahan lainnya. Sedangkan mangga yang masih muda, biasanya cocok untuk dibuat rujak karena rasanya yang asem-asem segar. Namun dibalik itu semua ternyata mangga mempunyai manfaat yang besar karena kandungannya yang banyak mengandung nutrisi yang sangat diperlukan untuk tubuh kita. Apa saja kandungan dari buah mangga?

Dibalik baunya yang harum, serta rasanya yang manis dan kandungan airnya yang dapat dikatakan cukup banyak, buah mangga juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat memberikan manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh. Buah mangga memiliki kandungan vitamin yang beragam, diantaranya vitamin A, C dan B6 yang sangat berguna untuk menutrisi tubuh. Disamping itu, buah mangga juga memiliki kandungan magnesium, kalium, serta tembaga yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Buah mangga juga dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi yang juga sangat diperlukan oleh tubuh kita. Maka dari itu mengkonsumsi mangga sangat dianjurkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dari berbagai kandungan tersebut, ada juga manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh, antara lain :

  • Mencegah berbagai macam kanker. Buah mangga dipercaya dapat dijadikan sebagai pencegah timbulnya berbagai macam penyakit kanker yang berbahaya untuk tubuh, seperti diantaranya kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar. Hal ini dikarenakan kandungan dari buah mangga itu sendiri yang terdiri atas astragalin, fisetin, methilgallat, quercetin, asam galat, dan isoquercitrin diman semua senyawa itu sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.
  • Mengurangi kadar kolesterol berbahaya. Kandungan kolesterol yang berlebih dalam tubuh, tentunya akan memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan tubuh kita sendiri. Untuk itu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sangat kita perlukan agar terhindar dari ancaman penyakit-penyakit berbahaya. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengkonsumsi buah mangga. Hal ini dikarenakan buah mangga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C yang banyak serta pectin yang dapat membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol berbahaya.
  • Membantu memberikan nutrisi pada mata. Buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat, khususnya untuk organ mata. Dengan rutin mengkonsumsi buah mangga, penglihatan mata anda akan terjaga kejernihan serta ketajamannya berkat kandungan vitamin A dari buah mnagga tersebut.
  • Yang terakhir adalah membantu melindungi pencernaan anda. Hal ini didukung dari kandungan serat dalam buah mangga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernan sebagai pelengkap manfaat buah mangga untuk kesehatan.