Berolahraga Saat Puasa, Amankah?

Berolahraga Saat Puasa, Amankah?

Alam Maya – Di bulan suci Ramadhan kali ini, kita berpuasa setiap hari. Tanpa makan dan minum seharian sudah cukup membuat tubuh lemas, lalu bagaimana jika ditambah dengan olahraga? Berolahraga saat puasa memang tidak disarankan, namun bukan berarti tidak boleh. Yang terpenting adalah hindari jenis olahraga yang sangat menguras tenaga, seperti boxing, angkat beban, atau semacamnya.

Berolahraga Saat Puasa

Saat berolahraga tubuh mengeluarkan keringat. Dalam kondisi normal, kita akan segera meminum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun di bulan puasa, hal itu tidak memungkinkan untuk dilakukan. Oleh sebab itu, anda sebaiknya lebih peduli terhadap jadwal olahraga anda. Meskipun anda merupakan tipikal orang yang sangat aktif, namun di bulan puasa ini kegiatan yang menguras tenaga sebaiknya dikurangi. Tubuh memerlukan cukup makan dan minum untuk bekerja. Jika kedua suplai energi ini terbatasi, anda akan merasa lesu atau bahkan pingsan. Setiap orang memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Orang dengan penyakit tertentu memiliki batasan dalam berolahraga. Jika setelah berolahraga anda mengalami gejala seperti nafas pendek, pusing, sakit dada, pembengkakan kaki, atau yang lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Berolahraga saat puasa memang tidak dilarang, namun kurangi intesitasnya. Jika anda terbiasa berolahraga setiap hari, maka di bulan puasa ini kurangi porsinya menjadi sepertiga atau seperempatnya saja. Air merupakan penyusun utama tubuh. Oleh sebab itu, saat berbuka segera minum air putih. Air putih adalah minuman terbaik untuk menggantikan cairan tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsi minuman bervitamin, namun tidak disarankan untuk jangka panjang. Air memegang peranan penting dalam mengatur suhu tubuh, distribusi sari makanan , dan membuang kotoran dari dalam tubuh. Proses pembentukan energi juga dibantu oleh air.

Tips aman berolahraga saat puasa

Karena berolahraga menimbulkan rasa haus dan menyebabkan dehidrasi, sebaiknya lakukan kegiatan ini beberapa jam menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh anda segera mendapatkan cairan pengganti. Ada pula yang menyarankan berolahraga setelah berbuka (malam hari). Malam hari merupakan waktu dimana tubuh bersiap untuk beristirahat, jadi sebaiknya hindari berolahraga di jam-jam tersebut. Sebelum tidur, usahakan minum sekitar 300 atau 400 ml. Begitu pula di pagi hari, sahurlah dengan makanan dan minuman yang cukup. Lalu menu apa yang pas untuk sahur? Ada banyak makanan sehat yang bisa anda coba, namun utamakan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti buah, sayur, kacang, biji-bijian, dll. Ini menjaga tubuh bugar lebih lama.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang berolahraga saat puasa. Semoga bermanfaat untuk anda.