Berwisata Di Gunung Rinjani

Berwisata Di Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung yang terletak di provinsi nusa tenggara barat, tepatnya disebelah utara Lombok. Dengan ketinggian 3726, Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dan tertinggi pertama di nusa tenggara barat. Diyakini oleh masarakat setempat, bahwa gunung Rinjani merupakan tempat bersemayamnya ratu jin bernama Dewi Anjani, putri dari raja Datu Tuan yang pada masa lalu memerintah kerajaan kecil di Lombok.

Selain legenda masa lalu, gunung Rinjani menyimpan keindahan alam yang sangat indah. Seperti potensi geowisata yang nyaris sempurna, panorama kaldera, pucak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan yang paling terpenting danau yang terlifat seperti laut.

Gunung Rinjani

Danau tersebut bernama sigare anak, yang menurut penduduk setempat diartikan sebagai anak laut (sigare = laut, anak= anak). Karena warna air yang terlihat menyerupai warna air laut, maka disebutlah sebagai anak laut. Danau ini terbentuk karena letusan dari gunung Rinjani, danau ini terletak diketinggian 2.800 dari permukaan air laut.

Danau Sigare anak menyimpan misteri masa lalu, karna katanya danau ini dapat menyembuhkan penyakit bagi siapa saja yang mandi didanau ini. Di ketahui, dulunya danau Sigare merupakan tempat pemujaan dewa-dewa untuk memohon rezky dan perlindungan.

Di sebelah danau Sigare terdapat gunung Baru Jani atau New Mountain. Gunung ini berukuran kecil dan masih mengeluarkan magma sehingga tidak bisa didaki. Selain memiliki panorama yang eksotis, gunung Rinjani juga menyimpan berbagai jenis flora dan fauna, diantaranya monyet perak,rusa dan landak.