Berwisata Ke Pulau Sempu

Berwisata Ke Pulau Sempu

Apa yang terlintas di benak anda tentang pulau tak berpenghuni? mungkin anda langsung mengkaitkannya dengan cerita horror. Namun sebetulnya tidak begitu. Karena kenyataannya memang ada pulau yang tak berpenghuni.

Pulau Tidak berpenghuni

Pulau Sempu yang dinamakan pulau tak berpenduduk ini, terdapat di daerah Selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini memang tidak dihuni oleh manusia, melainkan dihuni oleh pohon-pohon mangrove atau bakau. Pulau ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Pulau ini mempunyai telaga yang berasal dari pasang surut air laut yaitu telaga Segara/laut Anakan. Segara Anakan ini merupakan pantai yg menghadap Samudra Hindia, tetapi karena dipisahkan oleh tebing maka menjadi seolah-olah terpisah dari pantai sehingga seperti kolam renang yang tertutup alami. Lalu darimanakah air laut bisa sampai ke telaga ini? Ternyata air laut dari Samudra Hindia masuk melalui satu lubang kecil berdiameter kurang lebih 1 meter di tengah-tengah tebing. Sehingga ketika ombak Samudra Hindia berdebur keras dan tinggi sampai melewati lubang itu, maka yang terjadi talaga yang biasa di sebut sebagai kolam pribadi itu akan menjadi pasang. Namun jika air laut sedang surut, secara otomatis telaga ini pun ikut menjadi surut. Segara anakan ini mempunyai kedalaman 5 meter, jadi cocok untuk berenang. Disini anda bisa menikmati pasir putih dan jika keberuntungan menyertai anda, anda akan melihat lumba-lumba melintasi Samudera Hindia.

Wisata Pulau Sempu

Jika anda sekarang berposisi di Jakarta dan ingin berkunjung ke Pulau Sempu, anda tinggal naik kereta atau pesawat jurusan Malang. Sesampainya di Malang anda dapat menyewa kendaraan dengan ongkos Rp. 25.000 menuju pantai Sendang Biru dengan lama perjalanan sekitar 2, 5 jam. Jika anda mempunyai waktu banyak, anda bisa mampir dulu ke pantai Sendang Biru atau mungkin sepulang dari Pulau Sempu.

Sesampainya di Sendang Biru, dilanjut dengan menyeberang ke Pulau Sempu dengan biaya Rp. 100.000. Tapi, yang anda harus tepat waktu jangan sampai telat, karena penyeberangan terakhir dilakukan pukul 16.30 waktu setempat. Karena Pulau Sempu adalah cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah, maka anda harus meminta izin terlebih dahulu untuk pergi ke Pulau Sempu. Untuk anda yang ingin bermalam, anda bisa menyebrang ke Sendang Biru dan menyewa tempat di penduduk dengan biaya Rp.100.000 atau anda bisa berkemah di Segara Anakan dengan menyewa perlengkapan perkemahan.