Cara Alami Mengobati Insomnia

Cara Alami Mengobati Insomnia
Cara alami mengatasi insomnia atau susah ridurPengertian Insomnia adalah susah tidur di malam hari. Susah tidur dimalam hari bisa mengakibatkan kesehatan menurun dan tentunya terganggunya aktivitas sehari-hari. Banyak orang mengalami kesulitan untuk dapat tidur dari waktu ke waktu. Insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia dapat terjadi pada semua usia, tetapi sangat umum pada orang tua. Insomnia dapat bersifat jangka pendek (sampai dengan tiga minggu) atau jangka panjang (di atas 3-4 minggu). Insomnia dapat menyebabkan masalah memori, depresi, iritabilitas, dan peningkatan resiko penyakit jantung.

Cara Alami Mengobati Insomnia

Tips alami untuk menghilangkan insomnia yang kita alami akan dijelaskan disini. Tapi sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab insomnia.

Penyebab Insomnia

  1. Insomnia disebabkan oleh kondisi jiwa
  2. Insomnia diakibatkan oleh menahan rasa kantuk yang berulang-ulang
  3. Insomnia dipengaruhi oleh kelainan fisik
  4. Insomnia diakibatkan oleh pemakaian obat-obatan
  5. Insomnia disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang nyaman
  6. Insomnia dipengaruhi oleh kelainan emosional
Beberapa poin penyebab insomnia diatas akan membuat atau menimbulkan ‘ketidak harmonisan’ antara mata dan pikiran. Saat mata sudah ingin terlelap/badan sudah ingin istirahat, kemudian akan dikesampingkan oleh pikiran. Beberapa sumber terpercaya keadaan jiwa dan pikiran yang tenang dan nyaman akan membuat badan akan lebih cepat merasa kantuk dan ingin tidur. Tidur disaat malam malam sangat penting bagi kesehatan dan memungkinkan untuk menjalani kehidupan yang aktif. Mulai menggunakan cara alami mengatasi insomnia ini dan menikmati tidur malam yang baik.
Dan dinyakini, saat ini tingkat penderita gejala kelainan tidur ini semakin meningkat seiring dengan beragam rutinitas yang sudah mengganggu jadwal tidur. Pil tidur sering menjadi tujuan utama yang dicoba bagi orang yang terkena insomnia. Namun pil tidur memang memiliki efek samping yang mungkin dapat memperburuk kondisi fisik anda dan tidak mengobati insomnia. Untungnya, ada banyak metode alami yang dapat membantu untuk mengatasi insomnia. Oleh karena itu mengobati Insomnia diperlukan untuk mengatasi masalah ini.
Berikut adalah beberapa tips alami mengatasi insomnia.
  1. Sebelum jam tidur, tenangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman dan hening, Anda harus rileks.
  2. Matikan lampu /Kontrol cahaya diruangan tidur. Cahaya diketahui dapat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang untuk memastikan malam, dari hari yang dapat mempengaruhi jam beraktivitas. Jadi, matikan semua lampu saat akan tidur. Kecuali memiliki masalah dengan tidur dalam gelap, dapat diganti dengan lampu redup yang berwarna.
  3. Jaga kebersihan kamar dan tempat tidur. Kebersihan juga sangat berpengaruh pada insomnia, jadi sebaiknya bersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur
  4. Mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kandungan karbohidrat yang lebih tinggi atau segelas susu hangat (Tapi jangan makan makanan besar atau berlebihan, terutama dalam beberapa jam sebelum Anda pergi tidur). Dan Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda tetap terjaga seperti teh,kopi,alkohol dan rokok.
  5. Hindari tidur di atas  jam 3 sore. Tidur siang baik-baik saja asalkan hanya untuk sekitar satu atau jam dan itupun harus sebelum jam 3 sore. Semakin sore seseorang tidur, maka semakin sulit untuk bisa tidur di malam hari.
Nah, itulah beberapa tips alami mengobati insomnia yang bisa saya bagikan. Silahkan komen dan berikan tips-pribadi anda dalam mengatasi insomnia. Semoga informasi tentang insomnia ini bermanfaat bagi kita semua.