Cara Backup Aplikasi Android dan Disimpan Menjadi File APK

Mem-backup atau melakukan penyimpanan cadangan aplikasi Android sangatlah sederhana, cepat dan yang terpenting tidak harus melakukan root terhadap ponsel Android. Hal ini dilakukan mungkin akan berguna bagi Anda yang menyukai aplikasi Android tertentu dan ingin menyimpannya ke dalam format APK, dan aplikasi tersebut jika ingin dipakai kembali bisa di install pada ponsel Android tanpa harus men-downloadnya lagi di Play Store.

Cara Backup Aplikasi Android

Selain itu, kegunaan backup aplikasi Android dan menyimpannya menjadi file APK, bisa menjadi alternative ketika Anda menginstal ROM baru dan ingin kembali memakai aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah tertanam, maka dengan backup ini bisa kembali menginstall ulang aplikasi tersebut dengan mudah. Lalu bagaimana cara backup aplikasi android dan disimpan menjadi file APK? Untuk melakukan hal itu, hanya perlu bantuan sebuah aplikasi bernama “File Expert”. Kemudian untuk bagaimana cara menggunakannya, mari simak langkah-langkanya berikut ini.

  1. Anda coba masuk ke Google Play Store, lalu download dan install aplikasi “File Expert”.
  2. Setelah selesai di install, kemudian buka aplikasi File Expert, kemudian klik tab bagian pojok kanan dengan tulisan “App”.
  3. Selanjutnya centang aplikasi yang ingin Anda cadangkan atau Backup dan menyimpannya sebagai file APK.
  4. Kemudian klik tombol “Backup” yang terletak dibagian bawah kiri tampilan ponsel Android.
  5. Maka setelah proses Backup selesai, semua aplikasi yang sebelumnya Anda pilih akan tersimpan di SDcard dalam folder “backup_apps” dengan format file APK.

Dengan demikian, Anda bisa menyimpan file APK hasil backup tersebut dan menggunakannya kembali jika suatu saat dibutuhkan kembali. Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba….

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *