Cara Format Memori SD Card di Android

Smartphone Android bisa dikatakan sebagai ponsel serba bisa, salah satunya pada smartphone Android bisa menyimpan berbagai macam data pribadi melalui kartu memori SD Card dalam kapasitas besar. Untuk saat ini kartu memori SD Card yang tersedia di pasaran sudah mampu menampung kapasitas data hingga 128 GB, ini berarti pengguna sudah bisa menyimpan data dalam jumlah yang banyak dan berkapasitas besar pada ponsel Android.

Format Memori SD Card Android

Memori SD Card ini sama seperti halnya sebuah Flashdisk yang bisa dibaca datanya pada komputer, untuk Flashdisk sendiri terdapat fitur seperti salah satunya bisa format data, hal ini dilakukan ketika media penyimpanan itu mengalami error atau terkena virus dan cara cepat untuk menghapus seluruh isi dari penyimpanan jika data-data yang tersimpan sudah tidak diperlukan. Lalu bagaimana dengan memori SD Card di ponsel Android? Apakah format data memori SD Card di ponsel Android bisa dilakukan? Tentu saja bisa, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pastikan memori SD card terpasang di ponsel Android, karena yang akan kita lalukan adalah akan mem-format SD Card di ponsel Android.
  2. Anda masuk ke menu Setting (pengaturan) pada ponsel Android.
  3. Kemudian Anda pilih dan tekan bagian Storage. Maka akan muncul halaman Storage Setting yang mana Anda dapat melihat total space, available space, unmounts SD Card dan lain sebagainya.
  4. Lalu Anda tekan bagian Unmount SD Card, maka muncul pop-up atau jendela konfirmasi, Anda Klik OK.
  5. Selanjutnya Anda pilih bagian Erase SD Card, maka akan muncul halaman yang terselip tulisan “This action will erase the SD card. You will lose all data on the card!,” jika Anda yakin ingin menghapus seluruh isi data di memori SD card, Anda klik tombol “Erase SD card” sehingga semua data yang tersimpan di memori akan terhapus atau ter-format.

Cara ini lebih mudah dan cepat dibanding harus menghubungkan ponsel melalui kabel data untuk menghapus atau format data yang tersimpan di memori SD card di komputer. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *