Cara Melindungi Aplikasi Android

Cara Melindungi Aplikasi Android

Keamanan data atau aplikasi pada ponsel Android mungkin merupakan suatu hal yang penting bagi sebagian pengguna, tujuannya agar beragam aplikasi yang terdapat pada ponsel Android tidak digunakan sembarangan. Misalnya, jika Anda memiliki aplikasi favorit di ponsel Android, kemudian aplikasi tersebut tidak disengaja terhapus oleh teman atau siapa pun, tentunya Anda akan merasa sedikit kesal. Maka untuk mengatasi agar hal itu tidak terjadi Anda bisa melindungi atau mengunci aplikasi tersebut pada ponsel Android Anda.

 melindungi app android

Cara untuk melindungi atau mengunci aplikasi Android bisa menggunakan password maupun pola titik atau yang lebih dikenal pola pattern, dan cara tersebut bisa diperoleh dari sebuah aplikasi Android yang dinamakan “App Lock”. Selain fungsinya untuk mengunci aplikasi, App Lock juga dapat digunakan untuk mengunci panggilan masuk, pesan SMS, install/uninstall aplikasi, dan mengunci System Setting Android.

Berikut cara menggunakan aplikasi App Lock untuk melindungi atau mengunci aplikasi pada ponsel Android yang bisa Anda coba.

  1. Download dan install aplikasi “App Lock” di ponsel Android Anda.
  2. Pada saat Anda membuak aplikasi ini, maka akan tampil halaman yang meminta Anda untuk memasukan password. Kemudian Anda masukan password dan konfirmasi password Anda, Klik OK. Selanjutnya akan muncul halaman Security question, Anda masukan pertanyaan yang Anda inginkan dan jawab pada bagian Security answer. Lalu masukan password yang sebelumnya telah dibuat, Klik Save.
  3. Selanjutnya akan tampil halaman App Lock, pada bar Application Lock terdapat daftar aplikasi yang ada di ponsel Android Anda, untuk mengunci setiap aplikasi Android Anda hanya perlu menggeser tombol sebelah kanan hingga tampil ikon mengunci.
  4. Untuk mengatur jenis proteksi, Anda klik tab Unlock Setting pada bagian bawah, disana akan tampil dua pilihan berupa Number Lock dan Pattern Lock. Jika Anda memilih Number Lock maka aplikasi akan di proteksi oleh password, tetapi jika Anda memilih Pattern Lock maka aplikasi akan diproteksi oleh semacam pola titik.
  5. Setelah Anda memilih salah satu proteksi itu, sekarang Anda keluar dari aplikasi App Lock, lalu buka aplikasi yang sebelumnya anda pilih untuk dikunci. Apa yang terjadi? Iya, maka aplikasi tersebut akan meminta password atau pattern lock.

Bagaimana, menarik untuk dicoba bukan? Dengan demikian aplikasi pada ponsel Android akan terlindung atau terkunci, maka teman atau orang yang meminjam ponsel Anda tidak akan mudah begitu saja untuk membuka aplikasi yang telah Anda proteksi.

Incoming search terms: