Cara Membuat Tab FBML Di Fans Page Facebook

Bermula dari rasa penasaran saya melihat beberapa fanpage yang memiliki landing page(tampilan awal)  yang menarik dengan menggunakan gambar sebagai tampilan pembukanya.Setelah mencari info kesana kemari dan berdikusi sama “mbah google” akhirnya saya menemukan juga cara menambahkan fitur tersebut. Fitur tambahan yang ada di fans page facebook tersebut adalah FBML (FaceBook Markup Language)  atau bahasa kerennya HTML khusus buat facebook, dimana dengan menggunakan fitur itu kita dapat melakukan kustomisasi page kita dengan menambahkan  script HTML.
langkah-langkah untuk pembuatannya adalah sebagai berikut:
Langkah pertama
Anda harus menjadi admin atau mempuyai fans page di facebook
Langkah Kedua
  • Masuk ke aplikasi Static FBML melalui link ini :
https://www.facebook.com/add.php?api_key=fdfd01c9df7d644a68a4e989ae861e44&pages=1&page=102938863123295
  • Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini.
Tab FBML Di Fans Page Facebook

 

  • Pilih page yang akan ditambahkan Static FBML  kemudian klik  tombol Add Static FBML
facebook FBML
  • Setelah melalui langkah kedua maka anda akan secara otomatis masuk ke page yang telah dipilih tadi. Kemudian klik tombol Edit Page di pojok kanan atas halaman.
facebook FBML
  • Kemudian asuk ke menu Apps
facebook FBML
  • Lihat aplikasi paling bawah telah terdapat aplikasi FBML yang telah ditambahkan, kemudian klik app tersebut.
facebook FBML
  • Kemudian anda  masuk ke halaman edit FBML. Anda dapat mengganti Box Title sesuai keinginan anda. lihat gambar dibawah.
facebook FBML
  • Misalkan saya memberikan title Selamat Datang!!.  Selanjutnya pada textbox FBML anda dapat mengisikan script HTML untuk memanggil gambar dari situs image uploader yang anda gunakan. Misalkan disini saya mengambil gambar dari Picasa. Anda juga dapat membuat tulisan sesuai keinginan anda dengan menggunakan script-scrpt HTML maupun CSS.
  • Kalau sudah tinggal klik Save Change. Dan anda telah berhasil menambahkan tab FBML pada page anda.
Setelah anda berhasil membuat   Tab FBML Di Fans Page Facebook anda harus membuat pengaturan agar tab FBML Selamat Datang tersebut menjadi landing page alias halaman pembuka ketika page anda pertama kali dibuka olehpengunjung fans page facebook anda.
Caranya anda  masuk ke setting Manage Permissions. Kemudian pada pilihan Default Landing Tab pilih Selamat Datang. lihat gambar dibawah
Sekarang page anda telah memiliki tampilan landing page berupa gambar yang keren dan menarik. Selanjutnya anda bisa mengutak-atik sendiri scriptnya agar tampilan landing page dapat lebih menarik lagi.

SELAMAT MENCOBA COBA….