Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Android Tampil Black Screen

Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Android Tampil Black Screen

Kamera pada Smartphone merupakan fasilitas yang disediakan oleh para pengembang Android untuk memanjakan penggunanya, yang dipakai untuk mengabadikan momen berharga mereka. Namun apa jadinya jika Anda sedang mengabadikan gambar kemudian pada layar smartphone hanya tampil warna hitam (Black Screen), sangat kesal bukan? Pasalnya ketika hal itu terjadi, smartphone tidak mampu mengambil gambar atau video sama sekali.

Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Android

Masalah ini merupakan hal yang sulit untuk diperbaiki dan kemungkinan kecil kamera dapat bekerja dengan baik lagi. Namun jangan khawatir, jika kerusakan berasal dari perangkat lunak masih bisa diperbaiki. Untuk itu, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika kamera saat digunakan untuk mengambil gambar hanya menampilkan layar hitam (Black Screen). Mari simak ulasan berikut ini.

  1. Matikan dan hidupkan Smartphone, Anda bisa mematikan smartphone selama 10 detik dan kemudian hidupkan kembali, setelah itu Anda coba kembali kamera tersebut untuk mengambil gambar. Jika masih menampilkan layar hitam, mari ke langkah selanjutnya.
  2. Hapus Aplikasi kamera pihak ketiga, artinya jika smartphone Anda memiliki dua atau lebih aplikasi kamera, maka hapus aplikasi kamera yang bukan bawaan dari smartphone Anda. Karena pada dasarnya aplikasi kamera yang bukan bawaan smartphone, yang Anda download di Google Play Store belum tentu kompatible dengan smartphone. Jika masih tetap menampilkan layar hitam, mari ke langkah selanjutnya.
  3. Lalukan Clear Data pada aplikasi kamera, Anda bisa masuk ke menu pengaturan, pilih Application, lalu klik bagian tab Running, cari aplikasi kamera yang Anda gunakan, tekan aplikasi kamera tersebut, lalu tekan tombol Clear Data. Setelah itu coba kembali kamera untuk mengambil gambar, jika masih tetap menampilkan layar hitam, mari ke langkah selanjutnya.
  4. Lakukan factory reset, hal ini dilakukan untuk mengembalikan perangkat smartphone seperti sedia kala pada saat Anda membelinya. Sehingga segala bentuk pengaturan yang sudah Anda atur sedemikian rupa kembali ke pengaturan normal, termasuk pengaturan kamera. Namun jika factory reset masih tidak berfungsi juga, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat keras kamera.

Masalah perangkat keras ini tentunya berhubungan langsung dengan lensa kamera yang tertanam pada smartphone, jika Anda ingin kamera tersebut berjalan kembali, Anda bisa membawanya ke tempat service smartphone professional.

Demikian cara mengatasi kamera smartphone tampil Black Screen.

Incoming search terms: