Cara Mengatasi HP Yang Tidak Ada Sinyal

Jika anda sering mengalami hp tiba-tiba mati, anda perlu mengecek baterai yang ada pada handphone anda. Hal ini karena komponen baterai adalah komponen yang pertama kali perlu dicek keadaannya. Mati tidaknya hp tergantung pada baterai yang tertancap pada hp tersebut. Untuk Mengatasi HP yang tidak ada sinyal bisa dicek pertama kali dengan melihat berapa persen baterai yang terdapat pada hp. Jika ternyata baterai baru saja dicharger artinya kondisi baterai hp masih penuh, maka anda bisa mengecek sinyal pada hp anda. Biasanya untuk tempat-tempat terpencil kartu yang ada pada hp anda tidak mampu menangkap sinyal. Maka dari itu anda harus melihat kondisi sinyal hp anda.

Sinyal HP

Untuk komponen yang terdapat pada hp, baik itu komponen hardware maupun software anda bisa mengeceknya sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hardware – Jika hp langsung mati sedangkan anda belum sempat memeriksa kondisi sinyal secara manual, lebih baik nyalakan hp terlebih dahulu melalui tombol power. Kemungkinan hal tersebut karena anda berada di tempat yang jauh dan tertutupi pohon, sehingga sinyal hp terhalang olehnya. Jika hp sudah berusaha dinyalakan namun tetap saja tidak bisa, maka anda perlu mencari tempat yang luas dan tidak banyak pepohonan. Hal ini untuk membuat hp anda dapat nyala kembali dan melihat pengaturan sinyal. Cara lain adalah dengan melepas terlebih dahulu baterai yang terdapat pada hp. Periksa apakah baterai mengalami penggelembungan atau masih normal. Jika hp membesar itu tandanya kerusakan terjadi pada baterai, dan sinyal hp bukan terhalang oleh pepohonan.
  • Software – Sebelum mengecek komponen software anda bisa mencoba untuk melakukan panggilan darurat. Biasanya panggilan darurat tetap bisa dilakukan meskipun sinyal sedikit. Usahakan Mengatasi HP yang tidak ada sinyal dilakukan dengan cara menekan tombol panggilan darurat. Jika ternyata tidak ada respon, maka anda bisa gunakan program flash untuk mengecek sinyal hp. Pemeriksaan menggunakan komponen software memang dirasa lebih sulit karena anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengecek sinyal.  Jika ternyata pemeriksaan melalui komponen software tidak menemukan titik temu, anda bisa menggantinya dengan pemeriksaan hardware kembali.

Membuat hp untuk tetap menyala dan dapat digunakan salah satunya tentu sinyal ada dan baterai penuh. Meskipun sinyal ada namun baterai sudah habis digunakan, tentu saja ponsel tidak dapat menyala. Namun ketika sinyal pada hp menghilang kemungkinan terbesar karena anda jauh dari tower pemancar sinyal atau tower yang digunakan untuk memancarkan sinyal hp. Masalah paling sering karena kartu nomor hp anda tidak menerima sinyal yang dipancarkan oleh tower. Akibatnya hp anda akan sering mati meskipun baterai telah dicharger penuh. Menginstal ulang juga bisa dilakukan jika melalui pengecekan manual tidak menemui hasil. Namun sebelum melakukan instal ulang anda perlu memindahkan data yang terdapat dalam hp anda ke dalam laptop. Tujuannya ketika diinstal ulang data-data tetap ada dan tidak hilang. Mengatasi HP yang tidak ada sinyal bisa dilihat dari beberapa komponen. Biasanya untuk membuat hp dapat hidup kembali, anda matikan terlebih dahulu hp kemudian untuk mengecek apakah baterai terlalu panas atau tidak. Jika hp sudah cukup lama dimatikan, kemudian hp dinyalakan kembali dan lihat apakah tanda sinyal sudah tertera pada hp ataukah belum.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *