Cara Mengganti Font Android Tanpa Root

Pada dasarnya smartphone Android merupakan perangkat yang mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita, salah satunya dari segi tampilan. Hal termudah agar bisa membuat tampilan smartphone Android dapat terlihat menarik yaitu dari penggunaan tema, pengguna bisa merubah tema dengan ikon-ikon menu yang menarik sehingga tidak membuat bosan dalam menggunakan smartphone tersebut.

Selain tema mungkin salah satu yang bisa menarik perhatian adalah penggunaan jenis font atau huruf, dengan menggunakan jenis font yang beragam jenisnya dapat membuat tampilan smartphone Android menjadi lebih unik. Namun terkadang tidak banyak yang mengetahui bahwa pada smartphone Android bisa diganti jenis hurufnya. Untuk Anda yang masih bingung, bagaimana cara mengganti font tanpa root, berikut kami sampaikan langkah-langkahnya.

ganti font android tanpa root

  1. Pastikan smartphone Android Anda sudah terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa memakai koneksi data ataupun koneksi internet melalui WiFi.
  2. Kemudian download terlebih dahulu aplikasi Fontomizer melalui Google Play Store secara gratis, dan install aplikasi tersebut pada smarphone Anda.
  3. Setelah selesai di install, jalankan aplikasi Fontomizer. Disana Anda akan melihat halaman utama berupa Logo Fontomizer dan pada bagian bawah terdapat tiga buah ikon Android dan terdapat tulisan Click To Start.
  4. Pada tulisan tersebut, Anda klik maka akan muncul halaman yang menampilkan berbagai kategori font dari A sampai Z. Lalu Anda bisa memiliki jenis font tersebut sesuai dengan keinginan.
  5. Setelah memilih font, Anda akan diarahkan menuju tempat untuk men-download font tersebut melalui browser (Pastikan koneksi internet tetap terhubung). Anda bisa memilih browser mana saja yang yang terdapat di ponsel Android.
  6. Lalu Anda klik browser tersebut, kemudian secara otomatis akan men-download dengan sendirinya. Dalam proses download ini tidak memakan waktu yang lama, karena ukuran font biasanya memiliki kapasitas kecil (kb).
  7. Jika sudah di download, lalu install font tersebut pada smartphone.
  8. Setelah font di install, untuk mengganti font bawaan smartphone dengan font baru yang lebih menarik, Anda cukup masuk ke menu pengaturan >> Display >> lihat kategori font, pilih Font Style dan silahkan Anda pilih font yang baru saja Anda install sebelumnya.
  9. Kemudian smartphone akan meminta untuk melakukan restart, dan biarkan smartphone tersebut me-restart karena hal tersebut dilakukan untuk memperbaharui sistem font pada smartphone Android Anda.
  10. Setelah smartphone menyala kembali, maka tampilan font pada smartphone Android akan berubah sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan sebelumnya.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Tentunya hal ini lebih mudah dilakukan dibanding harus mengganti font Android dengan harus nge-root dulu dan beresiko hilangnya garansi smartphone Anda. Namun sebagai catatan, untuk bisa mengganti font sesuai dengan jenis yang diinginkan harus terhubung dengan internet melalu aplikasi Fontomizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *