Cara Menggunakan HP Android Menjadi Modem

Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot mencari jaringan internet untuk dapat berselancar dengan bebas di dunia maya. Saat ini telah terdapat metode tethering, yakni berbagi lintas data menggunakan perangkat lain. Metode ini telah dapat dinikmati oleh para pemilik ponsel pintar semenjak dirilisnya Android v2.2 Froyo. Terdapat dua jenis metode tethering, yakni USB tethering dan WiFi tethering. Berikut ini cara menggunakan hp Android menjadi modem yang dapat dengan mudah Anda aplikasikan.

HP Android Menjadi Modem

  • Cara pertama dengan menggunakan metode WiFi tethering
  1. Cara menggunakan hp Android menjadi modem metode WiFi tethering yaitu pertama buka menu setting, lalu pilih Wireless and Network.
  2. Setelah terbuka, pilih menu Tethering and portable hosts dan akan segera terbuka menu berikutnya.
  3. Pilihan menu berikutnya, pilih Portable Wi-Fi hotspot. Setelah Anda pilih, tunggu sejenak dan checklist di samping menu yang Anda pilih akan berubah menjadi berwarna hijau. Bila Anda pertama kali menggunakannya, Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu di menu Portable Wi-Fi hotspot settings. Di sini, Anda dapat mengatur password tethering supaya tidak dapat dengan mudah dinikmati oleh orang lain.
  • ┬áCara kedua dengan menggunakan metode USB tethering
  1. Cara menggunakan hp Android menjadi modem metode USB tethering yaitu pertama pilih USB connection mode sebagai Mass Storage (MSC). Setelah dipilih, kemudian pilih Utilitas USB.
  2. Kemudian pasang kabel data ke port mini USB hp Android Anda dan hubungkan dengan PC Anda melalui port USB. Setelah disambungkan, tunggu sejenak karena PC sedang melakukan pembacaan hp Android Anda.
  3. Setelah PC selesai melakukan pembacaan, turunkan layar notifikasi pada hp Anda dan pilih SD card connected. Lakukan dengan hati-hati supaya PC tidak membaca SD card lagi dan terhindar dari kerusakan.
  4. Setelah dipilih, tunggu beberapa saat karena hp kembali membaca SD card. Kembali lakukan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru guna menghindari terjadinya kerusakan.
  5. Setelah PC selesai melakukan pembacaan, pilih menu Setting, lalu Wireless and networks, kemudian Tethering and portable hosts, dan pilih menu USB tethering. Tunggu beberapa saat hingga ceklist di samping menu berubah warna menjadi hijau yang menandakan bahwa Anda telah dapat melakukan tethering.

Cara menggunakan hp Android menjadi modem tersebut mudah bukan? Dengan menggunakan metode tethering, Anda tidak perlu membeli banyak paket data untuk semua perangkat mobile Anda. Cukup beli satu paket internet untuk satu perangkat yang Anda miliki, dan aktifkan metode tethering untuk perangkat lainnya. Cara ini sangat mudah dan simpel, serta semakin memudahkan Anda dalam terkoneksi dengan jaringan internet. Anda tidak lagi perlu repot mencari lokasi yang tersedia Wi-Fi hotspot untuk dapat berselancar di alam maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *