Cara Mengubah Ponsel Android Menjadi Mouse dan Keyboard

Kecanggihan ponsel berbasis Android sudah tidak bisa diragukan lagi, dengan segudang teknologi canggih yang tertanam pada ponsel ini dapat memudahkan penggunanya dalam membantu melalukan kegiatan sehari-hari, sebut saja teknologi canggih yang mampu membuat ponsel Android ini dapat dioperasikan menjadi Mouse dan Keyboard Komputer. Tentunya dengan hal ini ponsel Android dapat menjadi alternative bagi Anda yang sering mengoperasikan komputer untuk kegiatan presentasi seminar, sehingga dengan ponsel Android yang dapat dijadikan Mouse dan keyboard dapat memungkinkan mengontrol komputer dari jarak jauh.

mause android

Pada dasarnya, untuk mengubah ponsel Android menjadi Mouse dan Keyboard Komputer membutuhkan aplikasi khusus yakni aplikasi WiFi Mouse, aplikasi ini sepenuhnya dapat dijalankan dengan koneksi seperti WiFi, Bluetooth dan lain sebagainya. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya tersedia gerakan kursor mouse, klik kiri dan kanan, scroll atau gulir tengah mouse, juga tersedia fitur keyboard yang mendukung tampilan layar penuh. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi WiFi Mouse.

  1. Download dan install aplikasi WiFi Mouse pada perangkat Android melalui Play Store.
  2. Download dan install Mouse Server pada komputer atau Laptop, Anda bisa men-download-nya disini http://wifimouse.necta.us/MouseServer.zip
  3. Jalankan aplikasi Mouse Server pada komputer atau Laptop dengan mode administrator.
  4. Selanjutnya koneksikan dalam satu jaringan WiFi Hotspot yang sama, jika anda sedang tidak berada dijangkauan jaringan WiFi bisa gunakan Android WiFi Tethering atau Software seperti Connectify di Komputer atau Laptop.
  5. Selanjutnya buka aplikasi WiFi Mouse di ponsel Android, kemudian pilih Auto Connect dan inputkan IP Address komputer atau Laptop Anda. Lalu klik connect.
  6. Selesai, Anda kini sudah bisa mengoperasikan Mouse dan Keyboard komputer dengan ponsel Android Anda.

Sebagai informasi, dari tampilan gambar diatas terdiri dari tampilan Mouse dan keyboard pada ponsel Android. Pada tampilan Mouse terdapat area touchpad seperti halnya pada Laptop, lalu ada fitur klik kiri dan klik kanan serta scroll atau tombol gulir tengah mouse, sedangkan pada tampilan Keyboard fungsinya sama seperti pada Keyboard komputer atau Laptop.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengubah ponsel Android menjadi Mouse atau Keyboard Komputer dengan bantuan aplikasi WiFi Mouse. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *