Cara Meningkatkan Performa Perangkat Android

Memiliki ponsel Android memang akan membuat Anda menjadi lebih nyaman. Harga yang ditawarkan untuk produk Android juga cukup terjangkau. Anda bisa membeli produk Android sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda memiliki anggaran yang banyak, maka Anda bisa membeli ponsel Android dengan harga yang mahal. Tetapi jika anggaran Anda terbatas, ponsel Android murah bisa menjadi solusi yang tepat. Apabila Anda merasa ponsel Android Anda memiliki performa yang kurang maksimal, ada banyak cara meningkatkan performa perangkat Android yang dapat Anda lakukan. Lebih jelasnya Anda bisa membaca uraian berikut.

Meningkatkan Performa Perangkat Android

  1. Jangan Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi – Jika Anda menginstall aplikasi dengan jumlah yang terlalu banyak akan membuat performa ponsel Android Anda menurun. Lebih baik Anda menginstall aplikasi yang memang Anda butuhkan dan menghapus semua aplikasi yang tidak sering digunakan.
  2. Factory Reset – Cara yang satu ini sangat efektif karena dengan melakukan factory reset ponsel Anda akan menjadi segar dan memiliki performa yang mantap. Anda juga bisa memformat ulang sistem penyimpanan data yang ada pada ponsel Anda, karena sistem penyimpanan yang penuh dengan data akan membuat performa ponsel menjadi tidak nyaman.
  3. Non aktifkan System Apps – Cara meningkatkan performa perangkat Android yang ketiga adalah menonaktifkan system apps. Jika Anda terus mengaktifkan system apps, hal ini akan membuat ponsel Android Anda menjadi lambat. Salah satu hal yang membuat system apps harus dimatikan adalah karena sistem ini memakan kapasitas RAM yang besar.
  4. Software Update – Apabila Anda melakukan software update pada ponsel Android Anda secara rutin, akan membuat performa ponsel Android semakin meningkat. Biasanya software update bisa Anda dapatkan langsung dari vendor Android yang Anda miliki.
  5. Flash Custom ROM – Cara yang terakhir adalah dengan flash custom ROM, Anda harus meminta bantuan orang yang sudah berpengalaman untuk melakukan flash custom ROM. Karena Anda melakukan hal ini sendiri, bisa jadi akan membuat Anda menjadi bingung karena cukup rumit. Anda dapat merasakan jika ponsel Android Anda sudah menjalani proses flash custom ROM, maka ponsel tersebut akan memiliki performa yang sangat prima.

Banyak sekali cara meningkatkan performa perangkat Android lain yang dapat Anda lakukan. Anda harus memahami jika cara yang disebutkan diatas sangat simple dan mudah untuk Anda lakukan. Apabila ponsel Android Anda memiliki performa yang bagus akan memuat Anda nyaman saat menggunakan ponsel tersebut. Semoga informasi tentang cara meningkatkan Android ini bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *