Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Tepat

Mata merupakan salah satu dari panca indera yang terpenting. Sebagai indera penglihatan, mata berfungsi untuk melihat beragam keindahan yang ada di dunia. Selain itu, mata juga bisa menjadi jalan pertama bagi seseorang untuk merasakan jatuh cinta. Dengan fungsi mata yang begitu penting tersebut, kita diharuskan untuk menjaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan mata dapat melalui aktivitas sehari-hari maupun dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Berikut ini beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

  1. Membaca di Tempat yang Terang – Dengan selalu melakukan aktivitas membaca di tempat yang terang. Di tempat yang cukup cahaya, otot mata akan rileks sehingga tidak mudah lelah. Berbeda jika Anda membaca di tempat yang gelap. Otot mata Anda akan tegang, sehingga mudah lelah. Meskipun begitu, Anda tetap dianjurkan untuk mengistirahatkan mata setiap selang waktu tertentu.
  2. Kurangi Obat Tetes Mata – Dengan mengurangi penggunaan obat tetes mata. Anda tentunya pernah menggunakan obat tetes mata ketika indera penglihatan Anda menjadi merah ataupun terasa perih. Penggunaan obat tetes mata sesekali alias tidak berlebihan memang baik untuk mata, namun jika digunakan secara berlebihan justru berpotensi menimbulkan kerusakan pada mata.
  3. Hindari Menatap Layar Komputer Terlalu Lama – Menatap layar komputer terlalu lama cepat membuat mata terasa lelah. Untuk itu, berikan waktu bagi mata untuk beristirahat. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan mata yaitu 10 hingga 15 menit setelah menatap layar komputer. Untuk mengembalikan kekuatan mata, Anda dapat menatap pepohonan ataupun tanaman hijau.
  4. Kurangi Intensitas Penggunaan Lensa Kontak – Mengenakan lensa kontak tidak lebih dari 19 jam. Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama setiap harinya dapat meningkatkan resiko kerusakan permanen pada mata. Untuk itu, gunakan lensa kontak dalam rentang waktu yang sewajarnya. Selain lensa kontak, lama penggunaan kaca mata juga perlu diperhatikan. Jangan gunakan kacamata terlalu lama ataupun terus-menerus dan berikan waktu bagi mata untuk beristirahat.
  5. Gunakan Buah Mentimun – Buah mentimun kaya akan kandungan air, sehingga baik digunakan sebagai penyegar mata yang lelah ataupun perih. Kompreslah kelopak mata dengan menggunakan irisan buah mentimun dingin. Lakukan hal ini sesaat sebelum tidur malam selama kurang lebih 10 menit. Penggunaan secara teratur dapat mencegah terjadinya pembengkakan mata.
  6. Konsumsi Buah dan Sayur – Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi penting, salah satunya adalah wortel yang kaya akan kandungan antioksidan beta karoten.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *