Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Di Play Store

Bagi Anda pengguna pemula ponsel berbasis Android mungkin pernah mengalami kepanikan ketika aplikasi yang Anda install dari Google Play Store melakukan update secara otomatis. Pada dasarnya para pengembang menambahkan fitur update otomatis ini untuk memudahkan penggunanya jika sewaktu-waktu ingin update aplikasi secara otomatis. Namun dengan hadirnya update otomatis ini bisa berpengaruh terhadap kinerja ponsel serta jika ponsel terhubung dengan koneksi data internet kemungkinan data kuota dapat terpakai oleh update otomatis ini.

Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Di Play Store

Namun jangan khawatir, hal ini sangat mudah untuk di atasi yaitu dengan cara menonaktifkan fitur Auto-update aplikasi. Lalu bagaimana, cara kerja menonaktifkan update otomatis ini? berikut kami sampaikan langkah-langkahnya.

  1. Jalankan aplikasi Play Store dan tekan tombol menu di perangkat Android Anda, lalu pilih pengaturan (Setting).
  2. Kemudian Anda akan disuguhkan dengan berbagai pilihan pengaturan Play Store. Pada bagian General, anda pilih Auto-Update apps, lalu akan muncul dialog kategori.
  3. Pada dialog tersebut terdapat 3 kategori pilihan, jika Anda ingin menonaktifkan fitur auto-update aplikasi, maka pilihlah bagian “Do not auto-update apps”. Pilihan pertama ini merupakan opsi dimana Anda akan diperbaharui atau di update aplikasi secara manual.

Untuk melakukan update aplikasi secara manual Anda hanya perlu masuk ke daftar aplikasi yang terdapat di halaman utama Play Store, caranya pada layar sebelah kiri geser layar hingga muncul pilihan, disini Anda tekan pada “My apps” yang menunjukan daftar aplikasi pada perangkat Anda, dimana Anda dapat melakukan update manual pada daftar aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *