Cara Partisi Kartu Memori Di Ponsel Android

Cara Partisi Kartu Memori Di Ponsel Android

Kecanggihan ponsel Android kini sudah setara bahkan dapat dikatakan melebihi perangkat komputer, pada ponsel Android dapat di install berbagai macam aplikasi canggih, sehingga apa pun yang kita butuhkan di ponsel Android bisa dihadirkan. Termasuk untuk mempartisi atau membagi kapasitas kartu memori (SDcard) menjadi beberapa bagian penyimpanan, proses partisi kartu memori ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer, yang berarti dapat dilakukan sendiri pada ponsel Android. Lalu bagaimana cara partisi kartu memori pada ponsel Android ini?

Partisi Kartu Memori Di Ponsel Android

Untuk mempartisi kartu memori pada ponsel Android, hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa di download di Google Play Store, aplikasi ini disebut AParted (Android Partition Tool). Selain dapat membuat partisi kartu memori, aplikasi ini juga dapat menambah RAM ke perangkat dengan membuat partisi SWAP, juga dapat memperbaiki kartu memori (SDcard) rusak dan memindai file yang rusak. Aplikasi ini mendukung File System seperti FAT16, FAT32, EXT2, EXT3, EXT4 dan SWAP. Namun perlu diingat, untuk dapat melakukan partisi kartu memori, perangkat harus terlebih dahulu di ROOT.

Berikut langkah-langkah untuk partisi kartu memori di ponsel Android.

  1. Pertama, backup atau pindahkan terlebih dahulu data-data pada kartu memori ke PC atau Laptop, tujuannya agar data-data penting tidak hilang, karena saat proses partisi akan menghapus semua data yang ada di kartu memori.
  2. Download aplikasi AParted (Android Partition Tool) di Google Play Store, lalu install pada ponsel Android Anda.
  3. Setelah di install, jangan dulu membuka aplikasi. Terlebih dulu Anda lepaskan kartu memori di ponsel. Caranya masuk ke menu pengaturan >> penyimpanan >> lepaskan kartu memori (unmount SD card). Proses partisi ini akan bekerja jika kartu memori terlepas atau tidak terbaca di ponsel.
  4. Kemudian barulah Anda buka aplikasi AParted (Android Partition Tool), kemudian pilih tab “Create” dan tekan tanda plus (+) berwana hijau. Anda akan diminta untuk membuat partisi dan Anda bisa membuat partisi dua atau lebih partisi. Setelah itu, kemudian Anda dapat menentukan jumlah ruang penyimpanan dengan cara menggeser garis warna hijau sesuai dengan keinginan. Lalu pilih jenis File System FAT32 dan klik OK.
  5. Selanjutnya Anda klik tab “Tools”, disini anda bisa mencentang partisi mana saja yang akan dihadirkan pada ponsel Android. Kemudian untuk melanjutkan Anda klik tombol Create.
  6. Maka partisi yang telah Anda atur akan di proses, lalu Anda keluar dari aplikasi jika muncul dialog Exit klik OK. Kemudian silahkan Reboot atau Restart ponsel Android Anda, setelah di Restart maka Anda akan mendapatkan kartu memori Anda telah dipartisi menjadi beberapa bagian.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan bantuan aplikasi ini Anda bisa mempartisi kartu memori cukup di ponsel Android tanpa harus dilakukan di komputer, semoga artikel tentang cara partisi kartu memori pada ponsel Android ini bisa menjadi referensi Anda untuk memperdalam pengetahuan tentang seputar perangkat berbasis Android. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms: