Dampak Buruk Makan Mie Instan dan Soda

Dampak Buruk Makan Mie Instan dan Soda

Salah satu jenis makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi ialah mie instan. Banyak asumsi mengapa mie instan menjadi makanan yang diminati. Ada beberapa alasan mengapa mie instan menjadi makanan yang banyak dikonsumsi ialah harganya yang murah, rasanya yang cukup enak, mengenyangkan, serta mudah untuk membuatnya. Dengan alasan tersebut, tidak heran apabila mie instan seperti mendapat tempat khusus di hari sebagian besar masyarakat Indonesia. Apabila ada makanan, pasti ada teman pendampingnya yaitu minuman. Jenis minuman yang sepertinya sangat cocok diminum pada saat mengkonsumsi mie instan adalah soft drink. Minuman ringan ini memiliki rasa yang menyegarkan karena mengandung soda. Selain itu pula, minuman ringan tersebut memiliki rasa yang manis dan bisa menghilangkan rasa dahaga dengan cepat. Tapi Tahukah Anda, dampak buruk makan mie instan dan soda bagi kesehatan tubuh.

Dampak Buruk Makan Mie Instan

Ternyata ada hal negative yang disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi mie instan. Hal ini dikarenakan bumbu yang terdapat dalam mie instan mengandung MSG. Senyawa kimia aktif tersebut merupakan bahan utama dalam pembuatan penyedap rasa pada mie instan. Namun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan berkesinambungan, bisa berdampak pada sakit tenggorokan. Tenggorokan akan terasa gatal dan memerah, sehingga menyebabkan rasa yang cukup perih. Selain itu juga, mie instan dilumuri dengan senyawa kimia lainya seperti wax dan parabel. Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang banyak, bisa menyebabkan penyakit pada sistem pencernaan, seperti susahnya BAB. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa satu bungkus mie instan yang dikonsumsi, tubuh memerlukan waktu selama tiga hari untuk diproses menjadi ampas. Dengan kata lain, mie instan baru bisa diproses secara maksimal oleh tubuh lebih dari tiga hari.

Selain mie instan, teman pendampingnya yaitu soft drink yang mengandung soda ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh apabila terlalu banyak dikonsumsi. Sesuai dengan hasil penelitian salah satu universitas terkemuka di Indonesia, minuman berbahan soda bisa membahayakan otak manusia. Hal ini dikarenakan, minuman bersoda mengandung senyawa yang mampu membuat syaraf pada otak menjadi lebih hiperaktif. Dengan perubahan sifat syaraf otak tersebut, akan menyebabkan rasa lemas berkepanjangan pada tubuh walaupun tubuh tidak melakukan hal-hal berat.

Selain itu juga, hasil penelitian lainnya menunjukkan jika minuman bersoda hanya akan menyebabkan rasa haus yang semakin berlebih. Maka dari itu, untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat, diperlukan asupan makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan hanya mengikuti rasa nafsu untuk mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak memiliki manfaat bagi tubuh.

Setelah mengetahui dampak buruk makan mie instan dan soda, sudah seharusnya berfikir dua kali untuk mengkonsumsi mie instan ataupun minuman berbahan soda. Karena kedua jenis makanan tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh manusia.

Incoming search terms: