Desain Kamar Mandi Minimalis untuk Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Tiap orang memiliki rumah impiannya masing-masing. Ada yang menginginkan rumah dengan ukuran yang besar ditambah taman dan kolam renang yang besar, selain itu juga ada yang menginginkan rumah yang sederhana di lahan yang tidak begitu lebar, namun tetap memiliki taman agar bisa dipakai untuk bercocok taman di waktu senggang. Semua impian rumah itu haruslah disesuaikan dengan kenyataan yang ada. Bagi para orang-orang golongan kelas atas, memiliki rumah apa saja dari harga yang berbagai macam pun bisa tinggal tunjuk saja. Nah, sedangkan bagi golongan orang yang menengah ke bawah, memiliki rumah bisa menjadi impian yang besar karena harga tanah dan bahan bangunan pun sudah sangat mahal. Oleh karena itu tidak sedikit dari mereka (golongan menengah ke bawah) yang hanya bisa membeli lahan sempit untuk membangun rumah di atasnya. Karena lahan yang dimiliki sempit, untuk itu berimbas pada ruang-ruangan di dalam rumah itu. Salah satu ruang yang penting dalam rumah adalah kamar mandi. Karena rumahnya sempit, maka desainnya pun harus disesuaikan. Ada banyak desain kamar mandi minimalis.

Kamar mandi minimalis

desain kamar mandi minimalis

Desain kamar mandi minimalis dapat kita lihat di majalah-majalah desain rumah khususnya desain kamar mandi. Di sana ada berbagai macam desainnya, mulai dari desain kamar mandi yang besar namun tetap minimalis sampai ada juga desain kamar mandi untuk ukuran kecil dan bermodel minimalis. Minimalis memang salah satu model rumah yang sedang digandrungi masyarakat akhir-akhir ini. Desain minimalis memang sangat meminimalkan dalam penggunaan perabotan atau asesoris-asesoris rumah. Untuk itu desain minimalis memang cocok bagi rumah yang berlahan sempit. Selain melihat desainnya dari majalah-majalah, agar kita bisa langsung mengerti dan dapat gambaran mengenai kamar mandi minimalis, kita bisa langsung berkonsultasi dengan desainer rumah minimalis. Pada saat berkonsultasi, si desainer akan menanyakan terlebih dahulu model kamar mandi seperti apa yang kita inginkan di samping mengikuti ukuran dari rencana kamar mandi tersebut.

Setelah itu, si desainer akan memberikan beberapa alternatif pilihan untuk desain kamar mandi minimalis kita. Meskipun ukuran kamar mandi yang kita miliki itu tidak besar, namun tidak mempengaruhi model dan penampilan kamar mandi kita. Tidak menutup kemungkinan bahwa meskipun ukuran kamar mandi besar tapi desain dan isinya tidak menarik. Maka, selera tiap orang sangat mempengaruhi dalam mendesain atau mengatur isi rumahnya. Kamar mandi yang terpenting adalah dijaga kebersihannya, ukuran bukan masalah yang berarti. Kebersihan kamar mandi berkaitan dengan sirkulasi udaranya. Meskipun sempit atau di lahan sempit, usahakan pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam kamar mandi minimalis kita itu tetap terjaga. Warna cat kamar mandi bisa disesuaikan dengan selera kita. Bisa kita sesuaikan antara lantai dengan cat kamar mandi.

Selanjutnya yang dibahas dalam desain kamar mandi minimalis adalah penggunaan perabotnya. Telah dijelaskan di atas bahwa perabot yang digunakan dalam tipe atau model minimalis sangat minimal atau sedikit. Keuntungan dari model kamar mandi seperti ini akan membuat kamar mandi di lahan sempit pun akan terlihat tidak sempit karena meminimalkan dalam penggunaan perabotannya. Perabotan di dalam kamar mandi sendiri ada banyak seperti wastafel, bak mandi, kloset, dan sebagainya. Nah, untuk kamar mandi yang minimalis terutama di lahan yang sempit bisa diakali dengan hanya menggunakan perabot yaitu cukup menggunakan kloset, bak mandi, tempat handuk. Untuk wastafel bisa ditempatkan di antara kamar mandi dengan dapur atau di dekat ruang makan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *