Indonesia Juara di Ajang FIBA 3×3 Tokyo Master

Tim Indonesia yang diwakili oleh Yoska Jakarta berhasil merebut gelar juara FIBA 3×3 World Tour Tokyo Master 2013. Indonesia berhasil menjinakkan perlawanan Jepang yang diwakili oleh Nagoya di partai final Minggu (21/07/2013) lewat skor ketat 15-16.

Gunawan selaku pelatih tim Yoska Jakarta mengungkapkan bahwa timnya hanya punya waktu yang sedikit untuk melakukan persiapan dan minim pengalaman dalam permainan basket 3×3. Ditambah lagi tim-tim dari negara lain terdiri dari pemain penuh pengalaman dari negaranya masing-masing.

Indonesia Juara di Ajang FIBA

Pada babak penyisihan, tim Indonesia hanya menang satu kali dan kalah hingga dua kali. Tapi mereka tetap lolos ke babak selanjutnya karena menduduki perangkat ke tiga terbaik. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, tim Indonesia bermain kesetanan pada pertandingan selanjutnya dan lolos hingga partai final.

Fandi Ramadhani yang menyandang Kapten Tim mengungkapkan bahwa ini adalah pengalaman pertamanya bermain dengan format tiga lawan tiga, namun ia tidak menyerah dan memberikan penampilan terbaiknya. Menurutnya hanya ada sedikit perbedaan dari bermain basket reguler dengan permainan 3×3. Perbedaannya hanya terletak pada aturan dan strategi permainan dan selebihnya itu sama dengan bermain basket biasa.

Kunci sukses dari tim Yoska adalah fokus dan strategi defenses  yang tepat pada tiap game yang mereka jalani. Awalnya sangat sulit mengembangkan permainan seperti saat melawan tim Guangzhou. Selain faktor nonteknis seperti angin, cuaca dan lapangan outdoor, saat bertandingpun awalnya para pemain kesulitan mengatur irama permainan. Kendala tersebut kemudian bisa diatasi perlahan pada pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Keberhasilan mereka juga tidak lepas dari motivasi yang tinggi dari setiap pemain yang menganggap ajang internasional tersebut merupakan kesempatan langka, dan harus dimaksimalkan sebaik mungkin.

Ketua PBSI, Agus Mauro ikut berkomentar terhadap prestasi tim Indonesia tersebut. Saat ditemui awak media ia mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi tersebut. Ia bahkan menyebutnya sebagai prestasi tertinggi dalam olah raga bola basket di tanah air yang pernah ada. Kemenangan tersebut tidak diprediksi sebelumnya karena lawan-lawan mereka cukup tangguh.

Berkat prestasi tersebut, tim Yoska Jakarta yang terdiri dari Vinton Nollan, Wijaya Saputram Rizky Effendi dan Kapten tim Fandi Ramadhani mendapatkan hadiah turnamen sebesar 10 ribu dollar plus tiket ke kejuaraan dunia yang bakal dihelat di Turki 4 Oktober mendatang.

Kejuaraan serupa juga digelar di benua lain dan masih menunggu hasil. Juara dan runner up akan langsung lolos ke kejuaraan dunia untuk memperebutkan trofi bergengsi tingkat dunia.