Ingin Sehat? Hindarilah Jenis Makanan Ini

Di tengah aktivitas yang padat dan tekanan hidup yang tinggi, kita seringkali mengabaikan hal-hal kecil namun penting, misalnya mengetahui dampak buruk makanan instan. Orang-orang dengan jadwal yang padat biasanya tak sempat memikirkan jenis makanan apa yang baik bagi tubuhnya. Makanan instan seringakali menjadi solusi cepat untuk mengatasi perut yang kosong. Rasanya yang enak dengan harga yang relatif terjangkau mampu menutupi dampak negatif yang ditimbulkan oleh makanan instan.  Berikut ini kami akan memaparkan beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Hindari Makanan Instan

1.   Makanan Beku
Kandungan garam yang tinggi dalam makanan beku siap saji dapat menjadi ancaman yang berbahaya. Kelebihan garam dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Ubahlah kebiasaan anda membeli makanan beku dengan cara menggantinya dengan makanan buatan sendiri yang anda sukai agar terhindar dari dampak buruk makanan instan.
2.   Soda
Minuman bersoda sama sekali tidak mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kasarnya, ketika kita meminum soda, kita meminum gula cair yang berbahaya. Gula juga menyebabkan rasa haus pada tubuh tidak akan hilang seluruhnya. Mulailah mengganti soda dengan air putih atau susu yang notabene lebih sehat bagi tubuh, demi menghindari dampak buruk makanan instan.
3.   Hamburger
Makanan yang dijuluki sebagai ‘junk food’ ini terbukti punya dampak buruk bagi kesehatan kita. Jenis makanan olahan siap saji tersebut seringkali dituduh sebagai tempat bersembunyinya berbagai jenis zat jahat yang bisa merusak tubuh.
4.   Sereal  Manis
Jenis makanan instan ini, tidak kaya akan nutrisi dan punya kadar gula yang tinggi. Jika anda sangat menyukai sereal, cobalah menggantinya dengan sereal yang sedikit mengandung gula, contohnya granola sehingga terhindari dari dampak buruk makanan instan. Namun, tetaplah berhati-hati karena granola yang kini banyak beredar di pasaran juga mengandung gula yang tinggi.
5.   Mie Instan
Fakta menunjukkan bahwa orang asia sangat menyukai mie instan. Sifatnya yang praktis dan rasanya yang lezat membuat mie instan jadi primadona di negara seperti Indonesia. Namun mie instan adalah penyebab utama menumpuknya sodium dalam tubuh yang bisa mengakibatkan hipertensi dan penyakit diabetes. Jika ingin sehat, anda mesti berhenti mengkonsumsi makanan jenis ini demi menghindari dampak buruk makanan instan, karena tidak mengandung  gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.