Jenis-jenis Aplikasi Antivirus Android yang Handal

Menginstall aplikasi antivirus android dapat dikatakan merupakan kebutuhan pokok bagi kesehatan ponsel pintar kita. Android memang menawarkan kemudahan dengan keberagaman aplikasi yang bisa memudahkan dan memberikan hiburan kepada para penggunanya. Namun kemudahan-kemudahan tersebut justru juga dapat menjadi suatu ancaman akibat adanya system virus yang dapat merusak dan membuat kondisi ponsel Android kita menjadi tidak prima. Virus-virus ponsel android seperti mallware banyak terselip dalam berbagai aplikasi, ataupun situs-situs web yang diakses oleh penggunanya. Untuk itulah antivirus diperlukan. Meskipun antivirus tidak dapat mencegah 100% dari kemungkinan terjangkitnya virus, setidaknya ponsel android akan lebih aman dan memperkecil kemungkinan virus-virus tersebut masuk ke dalam ponsel. Jenis dari antivirus untuk android memang cukup banyak. Mungkin sebagian dari anda bimbang untuk menentukan aplikasi antivirus mana yang bagus dan akan cocok untuk ponsel android anda. Dalam artikel ini akan disajikan contoh aplikasi antivirus yang mungkin dapat menjadi rekomendasi bagi anda.

 aplikasi antivirus android

Berikut jenis aplikasi untuk antivirus android yang dapat anda download dan install sebagai keamanan dari ponsel pintar anda:

  1. Avast Mobile Security – Avast mungkin dikenal dan cukup populer kita ketahui sebagai antivirus PC. Namun ternyata, Avast juga membuat produk berupa versi antivirus untuk android. Dalam aplikasi ini, Avast dirancang untuk dapat handal mencegah infeksi dari berbagai virus ganas android yang salah satunya adalah malware. Kemampuan dan kehandalan dari Avast memang tidak perlu diragukan lagi. Ditambah dengan kelebihan-kelebihan lain yang dirancang Avast yang tidak dimiliki oleh aplikasi antivirus android lainnya. Antara lain, adanya fitur-fitur tambahan seperti fitur anti maling, sms history, tracking GPS, otomatis dalam mengunci ponsel, serta alaram. Disamping berbagai fitur tambahan tersebut, Avast juga dilengkapi dengan fitur firewall dan url protection.
  2. Kaspersky Mobile Security – Kemampuan Kaspersky sebagai antivirus untuk ponsel mungkin bisa dikatakan sangat handal dan tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena Kaspersky memang sudah lama menciptakan aplikasi khusus untuk mencegah terjangkitnya virus pada ponsel sejak tahun 2006 silam. Disamping itu, Kaspersky juga sudah cukup dikenal sebagai antivirus PC sebelumnya. Maka bisa dikatakan bahwa Kaspersky merupakan salah satu antivirus android yang sudah berpengalaman dilihat dari dimulainya pengoprasian Kaspersky sebagai antivirus untuk ponsel. Selain pengalaman yang ia miliki, Kaspersky juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti fitur anti maling, filter sms dan telepon, scan virus, serta proteksi online realtime.
  3. Web Antivirus Lite – Sebagian besar dari antivirus-antivirus handal untuk ponsel android memang menyita resource memori dalam jumlah besar. Hal inilah yang kemudian merangsang tercetusnya ide dalam pembuatan Dr.Web Antivirus Lite. Dr.Web ini dirancang berbeda dengan antivirus lain yang umum pada android. Antivirus jenis ini tidak memakan source memori dalam jumlah banyak, sehingga tidak akan mengakibatkan baterai android yang anda miliki akan menjadi boros. Hal ini disebabkan karena penggunaan dayanya yang juga lebih kecil. Namun untuk kemampuan, Dr.Web ini tidak perlu diragukan lagi. Antivirus ini melakukan update secara rutin sehingga menimbulkan kekuatan tersendiri yang terletak pada system update nya yang diunggulkan tersebut.

Dari beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis aplikasi antivirus android di atas, masing-masing memang memiliki kelebihan dan menawarkan fitur-fitur tersendiri. Namun semuanya juga memerlukan kesesuaian antivirus tersebut dengan jenis ponsel anda. Antivirus yang kurang cocok juga mungkin akan membuat ponsel anda justru bekerja secara tidak optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *