Kebutuhan Makanan Ibu Selama Masa Kehamilan

Kebutuhan Makanan Ibu Selama Masa Kehamilan

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal darisistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi dan kehamilan (Pregnancy nutrition)mengacu pada asupan gizi, dan perencanaan diet yang dilakukan sebelum, selama dan setelahkehamilan. Pada masa kehamilan, biasanya banyak hal yang disarankan untuk dilakukan oleh ibuhamil. Salah satu hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah menjaga pola makan. Pola makan ibu hamil tidak hanya harus teratur saja melainkan harus juga diperhatikan pilihan makanan yang akandikonsumsi. Tentu seorang ibu hamil tidak boleh secara sembarangan mengkonsumsi semuamakanan yang ingin mereka konsumsi karena mungkin saja makanan tersebut malah nantinyamenjadi tidak baik atau bahkan berbahaya bagi bayi dalam kandungannya.

makanan ibu hamil
Makanan Ibu Hamil

Pada masa awal kehamilan adalah waktu paling rentan, karena itu adalah waktu ketika organ dan sistem organ janin berkembang dalam rahim ibu. Energi yang digunakan untuk membuat sistem ini berasal dari energi dan nutrisi dalam sirkulasi ibu, dan sekitar lapisan rahim, inilah yang menjadialasan mengapa asupan nutrisi yang tepat selama kehamilan sangat penting. Selain itu, seringnyamengonsumsi makanan yang bergizi membantu mencegah mual , muntah , dan kram . Melengkapidiet ibu hamil dengan makanan yang kaya asam folat , seperti jeruk dan sayuran berdaun hijau tua,membantu mencegah neural tube yaitu suatu cacat lahir pada bayi . Mengkonsumsi makanan yangkaya zat besi , seperti daging merah tanpa lemak dan kacang membantu mencegah anemia danmemastikan oksigen yang cukup untuk bayi. Asupan vitamin dan mineral juga harus diperhatikan. Vitamin ini biasanya mengandung asam folat , yodium, zat besi, vitamin A, vitamin D dan kalsium.

Selama kehamilan, seorang ibu menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi yang ada dalamkandungannya sehingga semua kebutuhan kalori, protein dan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bayi untuk pertumbuhannya tergantung pada si ibu hamil, bahkan apa yang akandimakannya akan mempengaruhi bayinya, bukan hanya selama di dalam kandungan tetapi untuk kehidupannya kelak. Bagi ibu hamil yang sehat, makanlah seperti biasa yaitu tiga kali porsi besar dantiga kali snack. jika mual bisa dicoba dengan makanan yang sering dengan porsi kecil. Pilihlahmakanan yang bervariasi.

 

Kebutuhan Kalori

Satu kalori secara resmi didefinisikan sebagai jumlahenergi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 cm2 air (atau 1 gram air) sebesar satu derajatCelcius, atau dengan kata lain kalori merupakan jumlah energi yang dihasilkan oleh makananketika dibakar dalam tubuh. Jadi kalori bukan hanya berasal dari karbohidrat saja, melainkan jugaprotein dan lemak dapat dijadikan sumber energi. Jumlah kebutuhan energi bagi tubuh kitatergantung pada berat orang tersebut, ketinggian dan usia dan kalori digunakan untuk menunjukkan jumlah energi yang terkandung dalam makanan. Jumlah kalori dalam makanandiperlukan untuk memperhitungkan keseimbangan energi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsilebih kecil dari kalori yang digunakan, berat badan akan berkurang karena cadangan energi darilemak akan digunakan. Sebaliknya, apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari kalori yangdigunakan, berat badan akan meningkat. Kelebihan energi pun akan disimpan sebagai lemak.Karena itu, asupan kalori perlu dikontrol untuk menjaga berat badan dan mencegah terjadinyapenyakit metabolik, terutama pada wanita hamil.

Kebutuhan karbohidrat

Karbohidrat/ carbohydrates merupakan sumber energi utama bagi tubuh, dimana satu gramkarbohidrat setara dengan 4 kilokalori. Selama kehamilan memerlukan 60-70% karbohidrat daritotal harian. Apabila asupan karbohidrat dari makanan kurang, tubuh akan menggunakancadangan lemak dan protein untuk diubah menjadi energi. Ada beberapa hal yang harusdiperhatikan dalam memilih sumber karbohidrat, yaitu Indeks Glikemik. Indeks Glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi suatu bahan pangan untuk meningkatkan kadarglukosa darah. Semakin tinggi nilai Indeks Glikemik, semakin cepat bahan makanan tersebutmeningkatkan kadar gula darah. Selain itu, karbohidrat yang berlebih akan diubah dan disimpanmenjadi lemak di dalam tubuh.

Kebutuhan Lemak 

Lemak, protein dan karbohidrat sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori, dimana jikatubuh membutuhkan banyak kalori dan karbohidrat tidak bisa memenuhinya, maka akandigunakan lemak sebagai sumber energi kalori. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh daridua sumber yaitu dari makanan (baik lemak nabati maupun hewani) dan juga berasal dari hasilproduksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.Kebutuhan lemak setiap orang tentu saja berbeda. Hal ini tergantung pada usia, aktivitas, berat badan dan sebagainya. Kebutuhan lemak seseorang secara normal adalah berkisar 20-25% persendari total kalori perhari. Sementara kalori yang harus dipenuhi oleh ibu hamil yaitu 2500perharinya. Jadi 625 kalori perharinya, jika dihitung dalam gram yakni sekitar 70gram/hari.

Kebutuhan Protein

Protein dibutuhkan sekali dalam kehamilan untuk perkembangan badan. Perlu diperhatikan juga agar seorang ibu yang mengandung memperoleh cukup protein selama masa kehamilannya. Diperkirakan satu gram protein setiap kilogram berat badan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Penting bagi ibu hamil memperhatikan makanan yang dikonsumsi, karena hal itu berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, perbanyak makanan maupun minuman yang mengandung banyak protein seperti buah buahan dan sayuran.