Kegunaan dan Khasiat Sarang Semut Papua

Mungkin memang sedikit aneh jika memanfaatkan sarang semut untuk mengambil kegunaan dan khasiatnya. Anda mungkin merasa jijik, karena memang sarang semut terlihat kotor. Walaupun begitu, ini bukanlah sarang semut biasa. Sarang semut yang akan dibahas sekarang ini merupakan sarang semut yang biasa ditemukan di batang atau dahan tumbuhan. Dan memang banyak orang yang berbicara jika sarang semut ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit, sehingga benar-benar membantu dunia medis juga.

Kegunaan dan Khasiat sarang semut Papua

Sekilas tentang khasiat sarang semut Papua

Sarang semut yang sekarang mau kita bahas yaitu sarang semut dari tumbuhan epifit, di mana oleh para semut dimanfaatkan untuk dijadikan sarang. Nah, jenis sarang inilah yang akan diambil khasiatnya. Dengan begini, Anda sudah mengetahui bahwa sarang semut ini tidaklah dibuat oleh semut-semut tersebut melainkan dari tumbuhan epifit tersebut. Genus sarang semut ini dikenal juga dengan genus myrmecodia, di mana biasanya Anda dapat melihat ciri dari sarang semut ini yang terjuntai di cabang tanaman, dan tanpa jumlah substrat signifikan. Tanaman epifit biasanya menempel di pohon besar, serta pada bagian bawah tanaman tersebut ada rongganya. Nah, pada rongga inilah yang akhirnya dimanfaatkan semut kecil tersebut untuk membuat sarang, dan yang tinggal di sarang ini adalah jenis semut tertentu bukan sembarang semut seperti semut merah maupun semut hitam, yang sarangnya dibuat dari tanah.

Jika Anda tertarik dengan sarang semut ini, Anda tak dapat mencarinya di sembarang tempat, karena memang tanaman epifit ini banyak tumbuh di daerah Papua. Jadi, daerah asal sarang semut yang berguna untuk kesehatan manusia ini berada di daerah Papua. Di sana, orang-orang sudah terbiasa dengan jenis sarang semut ini. Tumbuhan epifit ini mempunyai nama latin yaitu Myrmecodia Pendans. Sementara itu, kandungan dari tumbuhan ini yakni zat flavonoid, mineral, vitamin E, saponin, tannin dan glikosida. Semuanya merupakan zat yang dapat menjadi nutrisi untuk tubuh manusia.

Karena kandungan zat yang ada di tumbuhan tersebut, maka tumbuhan sarang semut ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan sarang semut ini yakni kanker payudara, uterus, sebab sarang semut dari tumbuhan ini memiliki banyak sekali antioksidan, kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, sarang semut ini juga disinyalir memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit diabetes di manusia. Khasiat tumbuhan sekaligus sarang semut ini bisa membantu memulihkan beragam fungsi dari organ tubuh, khususnya di pankreas, di mana pankreas bertugas menghasilkan hormon insulin, jadi gula darah pun dapat diproses menjadi zat yang bisa diserap dan digunakan oleh tubuh menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari. Tentunya, masih banyak lagi manfaat lainnya dari mengkonsumsi sarang semut ini untuk tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa sarang semut ini banyak dicari dan diburu oleh orang-orang, walaupun sedikit sulit untuk mendapatkannya, karena biasanya sarang semut ini terdapat pada pohon yang cukup tinggi.

Jika Anda khawatir terhadap efek samping negatif yang mungkin ditimbulkan karena konsumsi sarang semut ini, janganlah takut, sebab tumbuhan sarang semut ini semua kandungannya merupakan senyawa alami. Jadi tak akan menimbulkan efek samping apapun, apalagi efek samping yang berbahaya. Lagipula, sekarang sudah banyak produk olahan sarang semut yang tinggal Anda beli, semakin mudah dan simpel untuk mendapatkannya. Sekian artikel tentang kegunaan dan khasiat sarang semut Papua, semoga berkenan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *