Keindahan Pulau Raja Ampat

Jika anda sedang bepergian, dan waktu anda masih panjang, maka mampirlah ke pulau Raja Ampat. Pulau yang berada di ujung kepala burung Pulau Papua. Mungkin anda sudah mengetahui tentang keindahan pulau ini dari tv ataupun dari media lain. Luas pulau Raja Ampat mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut dan terdapat 1.511 spesies ikan, 540 jenis karang, serta 700 jenis moluska. Pulau ini diberikan nama raja ampat atau empat raja, nama tersebut berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Salawati,Batanta, Waigeo , Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Pulau Raja Ampat

Dari hasil laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ternyata Raja Ampat adalah tempat untuk spesies laut yang ada di dunia bahkan mencapai 75% biota laut yang jarang ditemukan didunia, ada semua disini. Terbukti ketika anda menyelam kedalam laut ini, anda akan disapa oleh kuda laut kerdil, Mantaray dan wobbegong akan menemani anda berenang layaknya seorang pemandu. Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, dan bahkan barracuda turut ikut serta menyambut dan menemani Anda bermain di bawah laut. Ketika anda sedang asyik bermain dengan hewan laut tadi, mungkin anda akan kaget dengan teman baru anda yang ramah yaitu ikan dugong yang ingin bergabung bersama Anda. Di lain sisi anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang sedang sibuk hilir mudik untuk menjaga wilayahnya. Bila Anda beruntung mungkin dapat berenang bersama penyu laut. Kamera khusus di bawah air mungkin bisa menjadi saksi untuk keakraban anda dan binatang lainnya. Tak heran jika banyak turis lokal terutama para pediving dan snorkeling dari seluruh belahan dunia datang ke tempat ini. Bahkan tempat ini dijadikan tempat tinggal kedua bagi para turis lokal untuk mencari hiburan.

Hal unik lainnya adalah masyarakatnya yang selalu memakan buah pinang sambil bersenda gurau, saling bertukar pengalaman dan bertukar pikiran. Masyarakat disini semuanya mempunyai sifat yang ramah. Ketika seharian anda puas bermain dengan hewan laut, kini saatnya anda merasakan sup ikan kuning yang merupakan makanan khas pulau ini. Namun jika anda ingin merasakan makanan yang lain, disini disediakan makanan internasional maupun tradisional.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *