Keindahan Taman Nasional Wasur, Maraoke

Taman Nasional Wasur, Maraoke merupakan taman nasional yang berada di wilayah Papua. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang cukup tinggi. Bahkan tempat tersebut merupakan area lahan basah yang paling luas di wilayah Papua. Daerah taman nasional ini sering disebut dengan Seringit Papua karena keanekaragaman yang cukup tinggi. Sebagian besar wilayah ini merupakan wilayah savana, sedangkan sisanya adalah daerah rawa buatan.

Taman Nasional Wasur, Merauke

Taman Nasional Wasur, Maraokemerupakan taman nasional yang diresmikan pada tahun 1990. Sebenarnya, dahulu taman nasional ini merupakan Suaka Marga Satwa Wasur dan Cagar Alam Rawa biru. Suaka marga satwa tersebut berukuran 206.000 ha, sedangkan cagar alam seluas 4.000 ha. Sehingga pada tahun 1990 diresmikan oleh menteri kehutanan menjadi taman nasional melestarikan keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya. Saat ini, luas dari Taman Nasional Wasur menjadi 413.810 ha. Salah satu tujuan dari dibuatnya Taman Nasional Wasur yaitu untuk selalu menjaga atau melestarikan fungsi ekologi dari hutan dan hewan yang berada di dalam taman nasional tersebut. Oleh karena itu, adanya taman nasional ini akan sangat membantu dalam mengatur keseimbangan alam.

Destinasi alam di Taman Nasional Wasur, Maraoke ini akan memberikan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Selain itu, ada banyak hewan yang hidup di taman nasional tersebut. Jenis hewan yang bisa Anda temui ketika berkunjung ke taman nasional ini antara lain adalah burung Cenderawasih, Kanguru pohon, beberapa jenis buaya, dan masih banyak lagi jenis hewan yang terdapat di area tersebut. selain itu beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Wasur yaitu pohon api-api, pohon ketapang, pohon kayu putih. Semua tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang mendominasi wilayah Taman Nasional Wasur. Tumbuhan yang ada di wilayah tersebut merupakan jenis tumbuhan yang memang sudah tergolong langka. Sehingga harus benar0benar dilindungi untuk menghindari kepunahan.

Taman Nasional Wasur, Maraoke merupakan lahan basah yang sangat produktif, sehingga pasokan makanan untuk tumbuhan dan juga hewan di area tersebut dapat hidup dengan nyaman. Area tersebut menjadi tempat hidup yang sangat baik untuk sejumlah tumbuhan dan juga hewan. Di Taman Nasional Wasur terdapat sejumlah danau kecil yang didiami tumbuhan berupa teratai. Pastinya, hal ini akan membuat Taman Nasional ini semakin terlihat indah.

Tak kalah menarik dari Taman Nasional Wasur Maraoke ini terdapat salah satu titik perbatasan wilayah Indonesia, tepatnya berada di daerah Sota. Tempat ini memang cukup sederhana, namun terdapat sesuatu hal yang tidak ditemui di tempat lain. Di beberapa titik Sota ini terdapat sarang semut yang memiliki ukuran yang sangat tinggi. Namun ada juga sarang semut yang memiliki ukuran kecil. Jadi, ukuran sarang semutnya sangat beragam. Selain itu, keindahan tempat ini karena adanya rumah bergaya Papua yang akan membuat suasana semakin menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *