Keindahan Tempat Wisata Pantai Boom Tuban

Kabupaten Tuban terkenal dengan tempat wisata lautnya yang sangat indah, salah satunya yaitu Pantai Boom yang cukup terkenal. Pantai ini merupakan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tuban. Pantai Boom terletak di Pusat Kota sekitar 300 meter dari alun-alun Tuban. Tempat wisata Pantai Boom Tuban telah di buka sejak tahun 2011 lalu, dengan tiket masuknya Rp.1500 rupiah dan sekarang sudah menjadi Rp 2.500 Rupiah. Tempat wisata ini memiliki ciri khas yaitu pada pintu masuknya yang berbentuk menyerupai seperti layar perahu dan terdapat taman yang luas. Selain itu, di sebelah kanan dan kiri taman juga terdapat dua bangunan berbentuk pendapa dilengkapi dengan prasasti pada dinding bangunan tersebut.

Pantai Boom Tuban

Prasasti tersebut mengisahkan tentang sejarah tempat wisata Pantai Boom Tuban yang pada masa lampau merupakan pelabuhan dan jalur pelayaran niaga pada masa kerajaan Majapahit, Singasari, Airlangga dan pada masa syiar Islam di daerah Tanah Jawa. Tempat wisata Pantai Boom Tuban dulunya merupakan sebuah pelabuhan yang digunakan untuk bersinggah oleh para saudagar antar daerah maupun negara. Tetapi beberapa waktu lalu pemerintah daerah telah membangun pantai ini menjadi tempat wisata pantai yang sangat indah.

Tempat wisata Pantai Boom Tuban memiliki semenanjung buatan dengan panjang kurang lebih 1 kilo meter /1000 meter atau sering disebut dengan Break Water. Di semenanjung buatan pada sebelah kanan dan kiri masih dipergunakan untuk sandaran perahu para nelayan tradisional daerah setempat. Tempat wisata Pantai Boom Tuban memiliki gelombang ombak yang kecil, tidak jauh beda dengan pantai-pantai di daerah utara pulau Jawa. Tetapi pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa sehingga siapapun yang berkunjung ke pantai tersebut akan merasa puas. Karena keadaan pantainya cukup landai sehingga sangat cocok digunakan untuk wisata bahari plus.

Disekitar tempat wisata Pantai Boom Tuban terdapat jalan-jalan yang menjorok ke arah laut. Jalan tersebut sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menikmati keindahan laut ditemani dengan hembusan angin sepoi-sepoi. Sehingga tempat tersebut sangat nyaman digunakan untuk bersantai. Di Pantai Boom juga terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk menikmati sunset (matahari tenggelam) maupun sunrise (matahari terbit).

Selain digunakan untuk menikmati sunset dan sunrise, banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di tempat wisata Pantai Boom Tuban untuk memancing ikan. Di Pantai ini juga banyak disediakan perahu nelayan yang dapat disewa untuk berkeliling di pantai tersebut. Jika berkunjung ke Pantai Boom, Anda jangan khawatir dengan masalah makanan ataupun minuman. Ini karena, disekitar pantai tersebut banyak yang menjual berbagai macam kuliner yang lezat. Jadi Anda dapat menikmati lezatnya kuliner sambil melihat keindahan Pantai Boom. Apalagi jika Anda berlibur bersama teman-teman atau keluarga, maka akan terasa lebih seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *