Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Khasiat positif asam Jawa untuk kesehatan seseorang ternyata benar-benar ada. Selain itu, karena termasuk herbal, maka asam Jawa ini sudah pasti aman untuk Anda konsumsi. Buah dengan nama latin Tamarindus Indica L ini biasanya dimanfaatkan orang-orang untuk bahan bumbu dapur, biasanya sebagai bahan dasar masakan sayur asam. Tanaman ini juga termasuk ke dalam kategori tanaman berbuah polong. Jika Anda melihat, batang pohon dari asam Jawa ini benar-benar keras dan bisa tumbuh besar dan memiliki daun kecil namun rindang. Di negara Indonesia, Anda dapat menemukan cukup banyak pohon asam Jawa di pinggir jalan, yang ditanam oleh pemerintah.

Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Buah polong asam Jawa

Buah polong yang berasal dari asam Jawa memiliki kandungan beragam senyawa, mulai dari asam tartrat, asam suksinat, asam apel, asam sitrat, ectin, asam anggur, juga gula invert. Bahkan hanya dengan konsumsi sekitar 100 gr buah polong dari asam Jawa, itu Anda sudah memperoleh asupan nutrisi kalori 239 kal, protein 2,8 gr, kalsium 74 mg, lemak 0,6 gr, hidrat arang 62,5 mg. Tak hanya itu, bahkan kulit biji buah polong dari asamĀ  Jawa itu mempunyai kandungan albuminoid dan phlobatannin, juga pati pada bagian dalam bijinya.

Digunakan untuk bahan obat-obatan tradisional

Berbagai unsur yang ada pada sebuah tanaman asam Jawa itu, entah itu daun, daging biji, kulit pohon asam Jawa, kesemuanya biasa digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan bahan pembuatan obat tradisional yang berguna untuk kesehatan. Ini menunjukkan betapa besar kegunaan dari asam Jawa untuk perkembangan medis. Tanaman asam Jawa memang mempunyai khasiat beragam untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Daun asam Jawa sendiri juga memiliki khasiat positif dalam menyembuhkan penyakit yang diderita, contohnya pengobatan demam, membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, cacingan, sakit kuning, insomnia, dan sariawan. Serta masih ada beberapa manfaat lainnya yang tak akan kita sebutkan satu-satu, karena kita sekarang akan berfokus pada khasiat asam Jawanya.

Khasiat asam Jawa bagi kesehatan
* Kecantikan

Asam Jawa mempunyai manfaat bagi kecantikan, khususnya untuk merawat kulit tubuh Anda dengan cara yang alami. Biasanya olahan dari asam Jawa ini jika digunakan untuk kecantikan kulit yaitu dengan dibuat menjadi lulur, lulur berbahan dasar asam Jawa bisa menjadikan kulit nampak lebih cerah. Untuk membuatnya daging buah dari asam Jawa pertama-tama dilarutkan pada air hangat, kemudian tambah bubuk kunyit sedikit saja. Setelahnya air larutan tersebut bisa Anda jadikan sebagai lulur. Gosoklah lulur yang sudah jadi tersebut pada daerah kulit, lalu diamkan untuk beberapa waktu sampai lulurnya meresap sempurna pada pori-pori kulit Anda. Terakhir jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih, kulit Anda pun seiring waktu akan bertambah bersih, berseri, dan juga cerah.

* Selulit

Asam Jawa juga mampu mengatasi gangguan selulit. Caranya buat campuran daging buah dari asam Jawa bersama gula pasir, air lemon, beserta sedikit baking soda untuk dibuat masker pada permukaan kulit dengan selulit. Ketika Anda mengoleskan masker asam Jawa ini, iringi dengan pijatan perlahan dengan membuat gerakan memutar. Dan sebelum Anda bilas lulur tersebut, sebaiknya maskernya didiamkan sejenak terlebih dahulu sampai menjadi kering. Terakhir baru dibersihkan hingga tak bersisa, jangan sampai bersisa sebab bisa menimbulkan jerawat karena pori-pori yang tertutup. Sekian artikel tentang khasiat asam Jawa untuk kesehatan, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *