Kesehatan, Tanaman
Apr19

Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Khasiat bunga kamboja - Pernahkah anda memperhatikan bunga warna putih dengan bagian tengah terselip semburat warna kuning saat anda berkunjung di pemakaman umum di Indonesia, ya bunga tersebut biasa disebut dengan nama bunga kamboja. Sebagian orang menyebut nya dengan Kamboja Jepang kendati asal bunga ini sendiri bukan dari Jepang karena bunga yang memiliki nama lain Adenium ini berasal dari Afrika dan Asia Barat. Pada jaman dahulu bunga ini identik dengan bunga kuburan karena memang bunga ini gampang sekali ditemui di kuburan namun saat ini banyak sekali pecinta bunga ini yang memanfaat keindahan bungan ini untuk memperindah kebun dan pekarangan kecil di depan rumah mereka, bahkan beberapa orang juga telah mengembangbiakkan bunga ini setelah diketahui adanya khasiat bunga kamboja untuk kesehatan sehingga terbuka pasar untuk bunga ini.

Khasiat bunga kamboja

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja dapat dimanfaatkan menjadi minuman yang biasa disebut sebagai Teh Bunga Kamboja, cara menyajikannya cukup mudah karena anda hanya memerlukan gelas berisi air hangat atau berisi teh hangat kemudian campurkan bunga kamboja yang telah dibersihkan, tambahkan secukupnya kedalam gelas berisi air hangat tersebut. Campuran air hangat dan bunga kamboja dipercaya mampu membuat peminum merasa adem dan sejuk terutama pada bagian pencernaan. Selain itu bunga kamboja juga bisa dimanfaatkan menjdai bumbu campuran untuk pelengkap sayuran, efek bunga kamboja akan terasa jika penggunaan nya dalam teh dan bumbu masakan dilakukan secara rutin.
Selain kelopak nya, getah bunga kamboja juga dipercaya memiliki khasiat seperti antibiotik. Alkaloid, Tanin dan Flavonoid yang terkandung di dalam getah Kamboja di dalam nya disinyalir dapat membunuh kuman, tentu saja jika digunakan dalam dosis dan takaran yang tepat. Untuk memaksimalkan nya tentu diperlukan proses kimia panjang yang tidak mudah karena getah-getah tersbut akan di ekstrak kembali hingga ditemukan ramuan yang pas untuk pengobatan.
Namun banyak juga penyakit yang bisa memanfaat khasiat bunga kamboja tanpa harus melalui proses kimia terlebih dahulu, itu artinya anda bisa menggunakan nya langsung begitu anda menemukan nya di jalan. Misalkan : untuk penyakit Bisul, anda bisa mengoleskan getah daun kamboja tersebut secara langsung dua kali dalam satu hari, lakukan hal ini secara rutin hingga bisul mengempes. Begitu juga untuk gigi berlubang yang anda milki, anda bisa memanfaatkan getah bunga kamboja kemudian menempelkan nya di atas kapas, lalu letakkan kapas yang mengandung getah tersebut ke bagian gigi yang berlubang maka antibiotik yang terkandung di dalam getah bunga kamboja akan bekerja dan mematikan kuman yang mengganggu gigi anda. Beberapa khasiat bunga kamboja untuk kesehatan seperti di atas telah banyak dibuktikan oleh masyarakat luas, namun ingat saat anda akan mengobati gigi anda, jangan sampai getah kamboja mengenai gigi lain yang tidak berlubang karena efeknya tidak bagus.
Daun bunga kamboja bisa digunaka untuk penderita sakit perut alias mencret. Kalau untuk penyakit yang satu ini anda perlu mengeringkan terlebih dahulu bunga kamboja kemudian pilih sekitar 24 gram bunga kamboja kering , cuci hingga bersih lalu rebus bunga tersebut ke dalam 3 gelas air dan tunggu hingga air yang tersisa dalam wadah hanya satu gelas air saja lalu minum ramuan tersbut secara rutin sekali sehari.

Incoming search terms:

  • Cara membuat teh Bunga Kamboja
  • cara membuat teh dari bunga kamboja
  • cara membuat teh kamboja
  • kebun kamboja
  • khasiat dan efek bunga kamboja
  • manfat bungakamboja didepan rumah
  • minuman teh dari bunga kamboja
  • resep teh kamboja
Tags:

Rate this article!

Author: 

author