Khasiat Super Cuka Apel

Seperti namanya, cuka apel berbeda dibandingkan cuka biasa, di mana cuka apel ini dibuat dari hasil proses fermentasi apel. Awalnya, buah apel direbus, diberi gula pasir sampai aroma khas keluar. Sesudah itu, dieramkan di dalam sebuah botol kaca. Jika sudah dingin, maka olahan apel itu kemudian diberi yeast atau ragi, lalu kembali dimasukkan ke dalam botol yang kedap suara. Rasa dari cuka apel ini segar namun masam. Dibandingkan dengan jus apel standar, cuka apel memiliki daya tahan yang lebih lama (Tak mudah rusak), juga kandungan gizi dari cuka apel berbeda dibandingkan jus apel, karena proses pembuatannya yang berbeda, walaupun keduanya sama-sama bagus untuk kesehatan. Mari baca selengkapnya.

khasiat cuka apel

Khasiat cuka apel

  • Mengencerkan darah

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi juga protein tinggi, asam alkali di dalam darah bisa kehilangan keseimbangan, darah pun menjadi kental. Dengan menggunakan cuka apel, maka darah bisa kembali diencerkan, jadi tak akan mengakibatkan hipertensi dan juga bisa meringankan kerja organ jantung.

  • Keracunan makanan

Cuka apel juga bisa membunuh bakteri yang ada dalam makanan – Jadi orang yang dengan tak sengaja konsumsi makanan basi tak akan merasakan dampak negatif dari keracunan, khususnya jika orang tersebut sudah konsumsi cuka apel sebelum memakan makanan basi tersebut. Efek itu juga akan menjadikan usus Anda lebih sehat dibandingkan jika Anda tidak konsumsi cuka apel.

  • Mineral penting untuk tubuh

Cuka apel juga memiliki kandungan berbagai mineral penting untuk tubuh. Adapun contoh mineral penting tersebut yakni kalsium, potasium, sodium, juga magnesium. Mineral-mineral ini benar-benar dibutuhkan oleh tubuh dalam mendukung proses metabolisme, penguat gigi dan tulang. Sebenarnya mineral tersebut tak hanya terkandung di cuka apel saja, melainkan juga terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Tetapi memang cuka apel lebih praktis dikonsumsi, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai bumbu dapur maupun sebagai minuman.

  • Kulit lebih sehat

Cuka apel yang dibasuhkan ke kulit juga bisa menjadikan kulit lebih sehat – Kulit akan menjadi terlihat lebih berkilau, bersih, dan segar. Tetapi, Anda tetap saja jangan terlalu sering memakai cuka apel ini ke kulit sebab zat asam mempunyai efek samping menjadikan kulit lebih cepat keriput. Ini harus mendapatkan perhatian Anda juga, tetapi tidak masalah jika Anda menggunakannya sekali-sekali saja.

  • Mengatasi sembelit

Cuka apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam cuka apel tersebut berfungsi membantu melancarkan proses buang air besar, jadi cuka apel benar-benar cocok dikonsumsi jika Anda sedang sembelit.

Khasiat lain

Cuka apel ternyata juga memiliki khasiat lain, bukan untuk manusia saja, melainkan juga untuk hewan ternak. Di mana cuka apel ini dapat dijadikan sebagai obat masalah pencernaan yang dialami oleh hewan ternak, infeksi hewan ternak, dan juga masalah kardiovaskular. Dari sini Anda dapat melihat bahwa cuka apel mempunyai banyak sekali kegunaan atau manfaat untuk kesehatan. Orang-orang ada juga yang menyebutkan jika konsumsi cuka apel ini bisa memperpanjang umur seseorang, karena sifatnya yang begitu menyehatkan. Tetapi jika Anda memiliki sakit maag, mungkin sebaiknya menghindari konsumsi cuka apel, karena sifat asamnya bisa memperparah sakit maag yang Anda derita. Asam juga bisa menyebabkan iritasi ke lambung Anda. Sekian artikel tentang khasiat super cuka apel, semoga berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *