Lukisan Gua Tertua

Dulu nenek moyang ketika zaman prasejarah banyak yang menjadikan gua sebagai tempat tinggal. Layaknya rumah zaman sekarang mereka pun menjadikan gua sebagai tempat untuk berbagai kegiatan.

lukisan gua tertua

Pada zaman prasejarah pun mereka sudah mengenal seni sebagai alat komunikasi mereka dan sebagai catatan bahwa mereka sudah pernah tinggal disana, terbukti dengan ditemukannya lukisan gua yang diduga adalah lukisan tertua di dunia yang ada di Spanyol. Seorang Arkeolog menemukan ada 11 lokasi gua di Spanyol yang dianggap memiliki lukisan gua paling tua di dunia. Di Gua El Castillo terdapat banyak lukisan dan yang membuat mereka menobatkan lukisan gua ini yang paling tua didunia adalah Pola titik yang samar diperkirakan berusia 40.800 tahun.

Seorang ilmuwan dari Bristol University, Inggris, Dr Alistair Pike mengemukakan bahwa “Di El Castillo, kita menemukan stensil tangan yang dibentuk, seperti cat yang ditiup ke tangan dan menempel di dinding gua.”

Ketika kita berkunjung kesana, kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan berupa lukisan-lukisan tangan dan lukisan hewan di antara dinding-dinding yang terlihat begitu jelas. Dan sekaligus menjadikan lukisan gua ini menjadi karya seni yang indah. Setelah dihitung-hitung ternyata ada 100 gambar lebih yang berbeda di dalam Gua El Castillo yang menggunakan arang dan tumbuhan yang ada disekitar.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *