Lunturnya Budaya Jawa Menurut Pakar Budaya

Lunturnya Budaya Jawa Menurut Pakar Budaya

Jawa memang memiliki budaya yang sangat kuat. Akan tetapi, sekarang ini banyak orang yang menyatakan jika budaya Jawa telah luntur. Lunturnya budaya Jawa menurut pakar budaya memang diakibatkan oleh banyak faktor. Dengan demikian, tidak salah jika sekarang ini budaya Jawa semakin tidak dikenal bahkan oleh suku Jawa asli. Sebuah penelitian menyebutkan jika dalam beberapa tahun ke depan budaya Jawa mungkin bisa hilang karena sudah tidak ada yang memperdulikan. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa faktor yang membuat budaya Jawa menjadi luntur.

Lunturnya Budaya Jawa

Salah satu faktor yang menjadi penyebab lunturnya budaya Jawa adalah budaya populer. Sekarang ini semua pemuda Jawa sangat tertarik dengan budaya populer. Memang budaya populer tidak bisa dihindari. Hal tersebut dikarenakan adanya berbagai macam media yang membuat budaya asing tersebut mudah masuk. Sekarang ini banyak orang Jawa yang tertarik dengan budaya dari barat dan juga Korea. Pengaruh kedua budaya asing tersebut sangat kuat hingga banyak orang yang memilih untuk memberikan anaknya pelajaran bahasa asing dari pada bahasa Jawa. Dengan demikian, budaya Jawa semakin lama akan hilang.

Faktor lain yang membuat budaya Jawa menjadi luntur adalah karena arus modernitas. Sekarang ini banyak orang yang merasa modern dan membuat mereka malas untuk mengerti akan budaya Jawa. Arus modernitas membuat seseorang lebih suka dengan sesuatu yang terlihat simple. Anda pasti mengerti jika budaya Jawa termasuk budaya yang kompleks dan tidak simple. Akan tetapi, dalam budaya Jawa terdapat banyak sekali makna kehidupan yang harus dipahami. Dengan hilangnya lunturnya budaya Jawa, ternyata membuat banyak orang Jawa yang kehilangan arah.

Faktor yang terakhir adalah karena pemerintah saat ini kurang tanggap dalam memperkuat budaya Jawa. Pemerintah Indonesia memang tidak terlalu memperhatikan budaya Jawa. Hal tersebut dapat terlihat dari tidak adanya budaya Jawa yang masuk dalam kurikulum pendidikan. Padahal, untuk memperkuat budaya Jawa memang harus dari pendidikan dasar. Jika seseorang sudah mendapatkan pendidikan akan budaya Jawa dari sekolah dasar, tentu ini akan membuat seseorang lebih mengenal budaya Jawa.

Semua faktor yang disebutkan di atas memang akan menjadi awal dari hilangnya budaya Jawa. Budaya Jawa yang ada sekarang ini memang tidak seperti dulu. Dimana pada masa lalu budaya Jawa adalah salah satu budaya yang paling unggul di dunia. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya peninggalan budaya Jawa yang ada sekarang ini. Penjelasan mengenai lunturnya budaya Jawa menurut pakar budaya ini memang akan membuka mata Anda jika budaya Jawa harus terus dilestarikan agar anak cucu kita dapat mengenal budaya Jawa dengan baik. Budaya Jawa akan membawa banyak sekali manfaat bagi generasi penerus karena dalam budaya Jawa terdapat banyak sekali makna dan falsafah hidup orang Jawa yang sangat humanis.

Incoming search terms: