Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Radikal bebas adalah hal yang tidak bisa kita hindari dewasa ini. Kebanyakan dari kita yang hidup di kota besar akan berhadapan dengan berbagai jenis polusi setiap harinya. Walaupun kondisi ini tidak bisa kita hindari, paling tidak kita harus tahu bagaimana cara menanganinya. Makanan merupakan salah satu sumber terbaik untuk menangkal radkal bebas. Jenis makanan yang kaya akan antioksidan merupakan solusi terbaik. Zat ini mampu menetralisir proses oksidasi yang pada akhirnya membuat sel-sel kita lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan antioksida. Anda tentu pernah mengkonsumsi stroberi. Buah ini mengandung banyak antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Namun tahukah anda bahwa stroberi bukan hanya satu-satunya jenis berry yang kaya akan antioksidan? Jenis lain seperti raspberry dan blueberry juga memiliki kandungan serupa. Di dalam buah ini terdapa zat yang disebut dengan proanthocyanidins, sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung dan kanker. Karena memiliki rasa yang enak, anda tidak akan menemukan masalah saat mengkonsumsi buah-buahan ini.
Jika anda menyukai sayur, maka anda harus mencoba brokoli karena sayuran ini juga kaya akan antioksidan. Ada satu fakta menarik tentang brokoli, yaitu sayuran ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Tidak hanya kaya akan vitamin C, namun sayur ini juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Fungsinya hampir sama dengan berry, yaitu untuk melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. Rasa brokoli cenderung hambar, hampir sama dengan sayur hijau lainnya. Namun yang menarik adalah sayur ini memiliki tekstur yang renyah sehingga cocok untuk dibuat berbagai macam lauk-pauk.
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap rumah tangga selalu memakai bahan makanan ini untuk membuat makanan sehari-hari. Tidak hanya bisa menyedapkan masakan, namun bawang putih juga ternyata menyimpan sejuta khasiat. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa dipakai sebagai pengobatan pertama luka untuk mencegah terjadinya infeksi. Bawang putih juga ternyata kaya akan antioksidan dan bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Manfaat lain dari bawang putih adalah sebagai anti jamur. Kandungan di dalam makanan ini sangat beragam, mulai dari vitamin A, B, C, potasium, zat besi, selenium, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *