Manfaat Biji Durian Bagi Kesehatan

Durian, pasti semua orang sudah mengenal dengan buah itu. Durian sendiri tumbuh di daerah tropis khusunya di Asia Tenggara. Dengan ciri kas bentuk buahnya berduri tajam dan bijinya yang keras. Nama durian sendiri berasal dari karakteristik buahnya yang memiliki rapat kulit duri. Bau harumnya saja sudah menyengat namun ada pula yang muak dengan aroma buahnya. Biji durian pun memiliki keistimewaan bisa untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi yang menyukai buah durian selain aroma dan rasanya yang sangat meyengat. Serta kulitnya pun bisa bermanfaat untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Jika dibakar, kulit durian bisa untuk memperlancar haid. Bahkan di jawa kulit durian digunakan untuk mengusir nyamuk.

Biji Buah Durian

Khasiat biji durian memiliki kandungan pati yang cukup tinggi dan sebagai pengganti makanan. Kulitnya pun bisa dipakai untuk abu gosokm dengan cara dijemur dan dibakaar sampai hancur. Bisa juga dijadikan cemilan dengan direbus atau dibakar terlebih dahulu karena mengandung pati yang sangaat tinggi. Dan perlu dipahami disarankan jangan memakan biji Durian mentah karena asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terkandung dalam biji durian bersifat racun bagi tubuh. Biji durian juga bisa diolah sebagai campuran tablet, dengan cara dikeringkan lalu dibuat pati menggunakan metode ekstraksi. Ekstarksi merupakan cara menghasluskan bahan sampi kecil sehingga mirip dengan debu halus. Masyaakat menganggap makan durian menyebabkan kolseterol jika dimaka secara berlebihan. Namun presepsi tersebut salah karena durian sendiri banyak mengandung khasiat untuk kesehatan. Banyak kegunaan yang terkandung didalam buah durian. Untuk kesehatan, kecantikan, membantu mengusir nyamuk.

Kegunaan untuk kesehataan antara lain :

  • pertama, ekstrak kulit dan buahnya dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.
  • kedua , durian justru dapat menurunkan kadar kolseterol dalam darah.
  • ketiga, sebagai pembersih darah.
  • keempa, mengandung banyak asam amino triptofan, yang berguna untuk mengurangi rasa gelisah, depresi, dan mengobati semua.
  • kelima, menimbulkan rasa bahagia, karena terkandung kadar serotonin dalam otak.
  • keenam. mengandung protein lembur, yang berguna untuk membentuk otot.
  • ketujuh. sebagai afrodisiak kelas wahid.
  • kedelapan. berguna untuk meningkatkan tekanan darah yang rendah.
  • kesepuluh. baik untuk persendian tulang karena mengandung kalssium, potasium. kesebelas. buahnya sebagai obat penyakit kuning.
  • kesebelas, meningkatkan nafsu makan karena mengandung niasin dan thiamin. ini sangat bagus bagi orang yang ingin gemuk.
  • keduabelas, kulit durian sangat bagus sebagai pengusir nyamuk. sebelumnya kulit durian dibakar terlebih dahulu. kegunaan buah ini sangat banyak namun tidak seharusnya mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.

Jenis durian pun bermacam-macam dan bervarisi di Indonesia. Ada jenis durian petruk ( Jepara, Jawa Tengah ), durian ajimah (Ciomas, Bogor), Durian tembaga ( Kampar, Riau ), durian bokor ( Majalengka, Jawa Barat ), durian otong (Parung, Bogor), durian sukun (Karanganyar, Jawa Tengah) , .durian matahari (Cimanggu, Bogor), durian lai (Pampakin, Kalimantan). Itu beberapa jenis yang paling sering dimakan oleh masyarakat. Manfaat biji durian lainnya antara lain : Pertama. Menjadi makanan yang lezat. Setelah memakan buah durian. Bijinya jangan langsung dibuang karena didalam biji durian terkandung banyak kalsium, protein, lemak, dan posfor. 2. Menjadi campuran tablet. Sebelumnya biji ini harus diekstarksi terlebih dahulu sebelum dicampur dengan tablet. 3. Dapat dijadikan tepung biji durian. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi hingga mencapai 43, 06 g per 100 g, biji durian dapat diolah menjadi tepung. 4. Dapat diolah menjadi keripik.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *