Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Buah kelengkeng (Dimocarpus longan) merupakan salah satu buah yang dapat tumbuh dengan baik di berbagai daerah di dunia. Tidak hanya di wilayah Asia, buah kelengkeng juga baik dibudidayakan di Australia dan Amerika. Di Indonesia, buah yang berbentuk bulat ini sangat digemari, selain karena rasanya yang manis juga karena dapat dengan mudah didapat. Belum banyak masyarakat yang mengetahui khasiat dan manfaat buah kelengkeng, terutama untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beragam manfaat buah kelengkeng.

Buah Kelengkeng

  1. Mengendurkan Syaraf – Saat Anda merasa tegang ataupun sedang emosi, memakan buah kelengkeng merupakan cara yang tepat untuk meredakannya. Hal ini disebabkan buah kelengkeng kaya akan kandungan senyawa kimia tanaman atau yang biasa disebut dengan fitokimia. Berbagai senyawa tersebut diantaranya vitamin A, sukrosa, vitamin B, lemak, glukosa, asam tertarik, dan protein. Dengan kombinasi dari berbagai senyawa fitokimia tersebut, syaraf Anda yang tegang akan segera mengendur dan merasa rileks.
  2. Kecantikan –  Untuk kecantikan kulit. Buah kelengkeng kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah berbagai radikal bebas yang berpotensi mengganggu kesehatan kulit. Oleh sebab itulah, bila Anda rutin mengkonsumsi buah kelengkeng setiap harinya, kulit cantik yang akan didapatkan.
  3. Menyembuhkan luka – Untuk menyembuhkan luka pada kulit sekaligus menghilangkan bekas luka. Cara penyembuhannya yaitu dengan membakar dua hingga 3 buah kelengkeng sampai menjadi arang. Kemudian campurkan dengan minyak zaitun dan dioleskan pada bagian kulit yang terluka ataupun terdapat bekas luka.
  4. Meningkatkan Nafsu Makan – Bila nafsu makan Anda ataupun putra Anda mengalami penurunan, makanlah buah kelengkeng secara teratur setiap harinya sebanyak 60 gram. Setelah rutin mengkonsumsi, Anda akan mendapati nafsu makan Anda ataupun putra Anda akan meningkat.
  5. Mengatasi Bau Badan – Badan yang beraroma tidak sedap tentunya dapat mengurangi kepercayaan diri Anda saat beraktivitas. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkombinasikan biji buah kelengkeng sebanyak 25 gram dengan 9 gram Lombok hitam. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus dan dioleskan ke bagian ketiak. Pemakaian secara teratur dapat mengatasi bau badan yang tidak sedap secara efektif.
  6. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil – Manfaat buah kelengkeng yang berikutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan Ibu hamil, baik sebelum melahirkan maupun setelah melahirkan. Buah kelengkeng kaya akan kandungan protein, lemak, dan sukrosa yang berkhasiat menyediakan pasokan energi yang sangat diperlukan oleh Ibu hamil. Oleh sebab itu, bila Ibu hamil mengalami kelelahan ataupun ingin memulihkan energi setelah melahirkan, mengkonsumsi buah kelengkeng secara teratur merupakan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *