Manfaat Buah Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah yang banyak digemari oleh keluarga Indonesia. Selain rasanya yang manis dan juga sedap di lidah, manfaat buah pepaya juga dapat membantu meningkatnya kesehatan tubuh kita. Buah yang memiliki nama latin sebagai Carica Papaya itu, ternyata juga masuk dalam kategori keluarga Caricaceae, yang mana memiliki keserupaan dengan pohon buah carica yang terkenal disalah satu daerah dataran tinggi di Jawa Tengah.

Manfaat Buah Pepaya

Pohon pepaya sendiri berasal dari salah satu daerah yang ada di negara Meksiko, dan pohon tersebut oleh masyarakat asli Meksiko biasa dibudidayakan di pekarangan rumah mereka atau bahkan kebun sederhana. Umumnya, buah pepaya yang menghasilkan rasa manis dan juga menggugah selera tersebut, kalau sudah berwarna merah muda atau orange. Selain itu, ketika sudah masak, pepaya mempunyai kandungan air yang cukup banyak.

Walaupun harga yang ditawarkan oleh buah tersebut terbilang cukup rendah dan dalam mencarinya sangat mudah, bukan berarti pepaya termasuk buah yang ecek-ecek atau tidak memiliki khasiat. Justru malah pepaya sejak dulu dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar kesehatan yang ada didalam tubuh, khususnya bagi kecantikan. Tidak hanya buahnya, daun pepaya juga banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat sebagai hidangan pelengkap makanan atau sayuran, bahkan sebagai obat kulit yang khasiatnya tinggi. Berikut beberapa contoh manfaat buah pepaya bagi kesehatan;

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan – Kandungan enzim papain dan juga serat tinggi yang terdapat pada buah pepaya, menjadikan buah tersebut mampu mengatasi masalah yang terjadi pada lambung dan juga gangguan pencernaan. Seperti diantaranya wasir dan BAB (Buang Air Besar). Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa papin yang terkandung didalam buah pepaya juga mampu membunuh parasit berbahaya yang itu mengganggu pencernaan didalam usus.
  2. Menjaga Kesehatan Ginjal – Selain buah dan juga daun pepaya memberikan khasiat yang cukup tinggi bagi kesehatan. Ternyata biji pepaya juga memiliki peran yang sama dalam meningkatkan kesehatan organ tubuh, yaitu ginjal. Kandungan nutrisi jenis flavonoid dan juga phenotic yang ada didalam biji pepaya memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan ginjal.
  3. Kesehatan Kulit – Dengan adanya kandungan seperti diantaranya vitamin A, C dan juga E. Buah ini mampu meningkatkan kualitas kesehatan pada kulit, yang mana dapat melembabkan dan juga membuat kulit menjadi cerah mempesona. Saat ini sudah banyak sekali kosmetik-kosmetik maupun sabun kecantikan yang memiliki campuran kandungan bahan dasar pepaya, karena memang dipercaya dapat meningkatkan kualitas kulit secara maksimal.

Pepaya dapat menjadi pilihan yang sangat cocok bagi menjaga dan juga memelihara kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, sudah sangat banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan maupun kecantikan yang menggunakan bahan dasar pepaya sebagai pendukung kesehatan bagi manusia. Manfaat buah pepaya tidak hanya terletak pada buahnya saja, namun banyak hal yang dapat dipergunakan dari pohon pepaya yang dapat kita temui diberbagai tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *