Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Anda

Siapa yang tidak tahu manfaat buah pisang. Selain rasanya yang enak dan mudah untuk dibudidayakan di Indonesia, buah ini memang terkenal akan manfaatnya. Buah pisang merupakan buah yang ekonomis dan harganya sangat terjangkau. Buah pisang dapat dikonsumsi bayi hingga manusia lanjut usia (manula). Bahkan beberapa orang menggunakan buah pisang sebagai sarana pengganti air saat mengkonsumsi obat. Karena itu, semua orang bisa mendapatkan manfaat dari buah ini dengan mudah.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Anda

Kandungan dan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Pohon buah pisang merupakan pohon buah yang istimewa, karena hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Daun pisang dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan, batangnya bisa digunakan sebagai sarana pembuat janur kuning saat pernikahan. Sementara kita juga bisa mengkonsumsi bunga dan buah pisang. Buah pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, diantaranya; kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zink, dan vitamin. Vitamin yang terkandung dalam buah pisang, antara lain: vitamin B kompleks, vitamin B6 dan vitamin C. Manfaat buah pisang dapat anda peroleh dengan rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Segudang manfaat buah pisang dapat anda dapatkan dari kandungan vitamin dan mineral buah tersebut. Manfaatbuah pisang bagi kesehatan, misalnya, untuk kesehatan saluran pencernaan, untuk kesehatan tulang, untuk ginjal, untuk menambah energi, untuk menurunkan tekanan darah, untuk kesehatan mata dan pisang juga dapat mempengaruhi suasana hati (mood) anda karena kandungan neurotransmitter-nya. Ada juga manfaat buah pisang untuk ibu hamil, yaitu untuk meningkatkan kecerdasan otak janin. Ini terjadi karena pisang juga memiliki kandungan asam folat.

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang secara maksimal, anda harus mengkonsumsi buah pisang yang segar. Ada beberapa cara tips untuk memilih buah pisang yang segar, yaitu: pilihlah buah pisang yang matang pohon dan terdapat serabut diujungnya. Selain itu, buah pisang mulus dan tidak luka. Buah pisang yang matang sempurna berwarna kuning cerah. Untuk mendapatkan buah pisang yang baik, anda dapat juga menanamnya sendiri dihalaman rumah anda. Perawatan pohon buah pisang cukup sederhana, sehingga tidak akan menghabiskan banyak waktu anda.

Cara Mengolah dan Mendapatkan Manfaat Buah Pisang

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Namun, anda juga bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi berbagai makanan yang lezat. Misalnya: pisang goreng, cake pisang dan jus pisang. Cara untuk membuat jus buah pisang, pertama-tama siapkan bahan berupa 2 buah pisang matang, 2 sdm gula pasir, 2 sdm susu bubuk, segelas air dan es batu. Yang kedua, kupas kulit buah pisang dan potong kasar buah pisang. Haluskan atau blender potongan buah pisang tersebut dengan gula, susu, air dan es batu tersebut. Dengan mengolah buah pisang terlebih dahulu, anda dapat mendapatkan manfaat buah pisang dengan cara yang lebih enak dan menyenangkan.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *