Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah yang belakangan ini populer karena andungan dan khasiatnya yang ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan kita. Banyak orang yang sudah mulai menyadari manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Entah untuk dijadikan obat, maupun sebagai pencegahan saja. Buah sirsak berasal dari Negara-negara di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Di Indonesia ia memiliki julukan berbeda di tiap daerah. Orang Minang menyebut buah sirsak ini sebagai Duriana Betawi, orang Sunda memiliki julukan buah sirsak yaitu Nangka Walanda, sedangkan orang Jawa menyebutnya dengan Nangka Landa. Buah srisak sendiri memiliki rasa yang manis-manis asam dengan daging buah yang berwarna putih. Sedangkan warna kulitnya berwarna hijau dan bertekstur lancip-lancip menyerupai jarum, namun tidak setajam buah durian. Buah sirsak ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik dimakan secara langsung, maupun dibuat dalam bentuk jus.

manfaat buah sirsak

Disamping rasanya yang enak, buah ini juga didukung dengan berbagai macam manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh karena kandungan buahnya yang berbagai macam. Apa sajakah kandungan di dalam buah sirsak tersebut?

  • Kandungan serat. Sirsak memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang dimilikinya banyak memberikan manfaat untuk menjaga pencernaan tubuh anda sekaligus mnegurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat ini juga memberikan efek pada control nafsu makan serta mengontrol berat badan, sehingga tidak sedikit pula orang yang memanfaatkan buah sirsak ini sebagai metode diet.
  • Karbohidrat. Ternyata buah sirsak ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat akan sangat berguna untuk membentuk energy dalam tubuh. Jumlah kandungan karbohidrat dari buah sirsak ini sendiri mencapai 38 gram.
  • Buah sirsak juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti buah lain pada umumnya, buah sirsak juga memiliki kandungan vitamin C. vitamin C ini akan sangat berguna untuk melawan penyakit, menyembuhkan luka di tubuh, dan sebagainya.

Disamping kandungan di atas, sirsak juga memiliki kandungan lain yang snagat bermanfaat. Untuk itu, khasiat buah sirsak untuk kesehatan tubuh sangat besar. Diantaranya :

  • Obat diare khususnya untuk bayi. Buah sirsak dipercaya ampuh untuk mengatasi diare pada bayi. Cara menggunakannya adalah dengan memilih buah sirsak yang sudah benar-benar masak terlebih dahulu, setelah mendapatkan buah sirsak yang masak baru buah sirsak diambil airnya saja dengan cara diperas, setelah itu air perasan buah sirsak tersebut diminumkan pada bayi yang terkena diare. Cukup 2-3 sendok makan saja.
  • Mengobati ambeien. Sirsak juga memiliki khasiat lainnya yaitu untuk mengobati penyakit ambeien. Penyakit yang satu ini biasanya banyak dialami oleh wanita. Penyakit ini diarasa cukup merepotkan dan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Untuk itu perlu ditangani oleh obat yang tepat. Salah satu ramuannya adalah dengan buah sirsak. Caranya tidak jauh berbeda, yaitu dengan memeras buah sirsak dan diambil airnya saja kira-kira satu gelas banyaknya. Kemudian minumlah air sirsak tersebut setidaknya 2 kali sehari.
  • Khasiat buah sirsak untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati gangguan anyang-anyangan. Anyang-anyangan merupakan salah satu jenis penyakit pada saluran kencing. Caranya, pilihlah buah sirsak yang setengah masak. Jangan yang terlalu masak. Kemudian kupaslah dan rebus dengan menggunakan gula secukupnya saja. Kemudian tmbahkan air sebanyak 2 gelas, setelah itu disaring baru diminum.