Manfaat Bunga Mawar

Bunga Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang paling populer dan banyak memiliki penggemar diantar bunga-bungan lain di dunia, hal ini dipicu oleh banyak nya anggapan bahwa “Say it With Flower” selalu diakhiri dengan bungan mawar padahal ada juga beberapa jenis bunga yang saat ini mulai dipakai untuk menggantikan bunga mawar, Anggrek misalnya. Bunga mawar ternyata memiliki manfaat lain selain untuk menyatakan perasaan cinta kepada seseorangbunga mawar yang banyak dicari oleh beberapa orang ini membuat bisnis budidaya bunga mawar sebagai komoditas holtikultura menjadi bisnis yang cukup menjanjikan dan banyak dipilih oleh masyarakat yang memiliki lahan dengan suhu dan ketinggian lokasi yang cocok untuk menghasilkan bunga mawar yang bagus. Menurut beberapa penelitian ada beberapa manfaat bunga mawar yang bisa digunakan untuk kesehatan manusia, berikut beberapa manfaat yang mungkin saja berguna untuk anda dan keluarga:

Manfaat Bunga Mawar

  1. Sebagai Obat Alami
  • Obat Batuk kering, Cukup mudah cara membuat nya yaitu dengan mempersiapkan 10 gram mawar kering lalu cuci hingga bersih, campurkan 30 gram gula batu kemudian kukus kedua bahan tersebut hingga setengah masak lalu saring air yang dihasilkan dan minum saat masih hangat.
  • Bengkak pada kaki, bengkak pada kaki bisa disebabkan akibat sirkulasi darah yang tidka lancar. Cara pembuatan obatnya cukup dengan menyiapkan 2-3 lembar daun mawar dicampur 30 gram daun sembung, cuci hingga bersih dua daun tersebut kemudian rebus dengan air 600ml tunggu hingga air tersisa separuh nya. Minum dua kalai sehari sesudah makan.
  • Untuk atasi haid yang tak lancar, haid tak lancar bisa diatasi dengan 15 gram bunga mawar kering di tambah dengan 15 gram bungan asoka dan 90 gram daging lidah buaya, campur ke semua bahan tersebut dan tambahkan 600cc air kemudian rebus hingga tersisa 200cc, dan minum air yang tersisa dua kali dalam sehari.
  • Untuk nyeri saat haid, Kali ini 15 gram mawar dicampurkan dengan 15 gram daun dewa kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 600 cc air hingga air tersisa sekitar 300cc lalu minum dua kali dalam sehari
  1. Bunga mawar juga bisa dimaksimalkan untuk ditambahkan dalam bahan makanan anda, karena kandungan vitamin C dalam bunga mawar dapat menambah harum makanan.
  2. Bunga mawar juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut anda, karena kandungan dalam bunga mawar bisa mengatasi masalah kerusakan pada rambut sehingga mampu menjaga nya agar tetap sehat.
  3. Bunga mawar dapat mengurangi stres, aroma yang dihasilkan oleh bunga mawar dapat digunakan sebagai aromatherapy mengurangi tingkat stres dan membuat anda merasa tenang, metode ini sudah digunakan sejak dulu oleh masyarakat jaman Romawi Kuno.
Selain manfaat-manfaat diatas, manfaat bunga mawar yang lain adalah sebagai bahan baku minyak parfum, untuk mengubahnya menjadi minyak parfum diperlukan beberapa reaksi kimia dan hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan memanfaatkan bunga mawar yang dikumpulkan dari para pengembang bunga mawar. Selain itu bunga mawar juga bisa anda manfaatkan sebagai bunga penghias ruangan, namun harus dipilih mawar yang memiliki tangkai dan arah panjang tangkai yang tepat pula sehingga mudah bagi anda untuk menatanya tanpa harus menambahkan hal-hal lain.
One Response
  1. Aan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *