Manfaat Bunga Rosella

Manfaat Bunga Rosella

Rosella adalah salah satu bunga hias yang berasal dari benua Afrika, bunga ini di jadikan minuman ketika musim dingin di negara-negara Afrika dan di jadikan beraneka ragam makanan untuk dikosumsi, seperti di jadikan selai, salad, puding, jely, dan juga sebagai pewarna makanan serta bubuk dari biji bunga rosella bisa dijadikan campuran kopi. Di Sudan bunga rosella dijadikan minuman sehari-hari yang di campur dengan sari tebu, merica dan garam guna mencegah batuk dan menghilangkan efek mabuk.

Manfaat Bunga Rosella

Bunga rosella mempunyai beberapa nama yaitu, Asam Kumbang, Asam Susur, Asam Paya, Merambos Ijo, dan Hibiscus sabdariffa. Bunnga rosella tumbuh dengan panjang 3-5 meter dan memiliki sekitar 8-11 helai kelopak dengan panjang sekitar 1 cm berwarna merah gelap dan juga tebal dan seluruh bagian tanaman ini memiliki manfaat tersendiri mulai dari buah, kelopak bunga, sampai daunnya.

Tumbuhan Rosella

Selain bentuknya yang cantik, bunga rosella mempunyai banyak manfaat bunga rosella mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, karena dalam bunga ini terdapat zat-zat yang berguna untuk kesehatan manusia, seperti kandungan Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin A, Potasium, Beta Carotten, Asam Esensial, Kalsium, Magnesium, Omega 3.

Bunga Rosella
Kandungan vitamin C yang terdapat pada bunga rosella lebih banyak daripada satu buah jeruk. Kandungan vitamin C dan beta karoten di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan teh bunga rosella :

  1. Teh rosella  mengandung magnesium, Iron, Beta Carotene, Asam Esensia, Omega 3, Potasium
  2. Vitamin A, Vitamin C, B1, B2, Vitamin D
  3. Teh bunga rosella mengandung kalsium yang  cukup tinggi sekitar 486 mg per 100 gr

Kalsium yang terdapat di dalamnya jauh lebih tinggi dibanding segelas susu. Kalsium dalam teh rosella dapat membantu menurunkan kandungan natrium yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Manfaat Bunga Rosella antara lain adalah:

  1. Membantu proses pencernaan
  2. Mencegah kekurangan Vitamin C
  3. Melancarkan peredaran darah
  4. Menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes
  5. Menurunkan asam urat.
  6. Mencegah kanker
  7. Menambah vitalitas dan kesehatan jantung.
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh
  9. Membantu kesehatan mata
  10. Menurunkan Hipertensi
  11. Pengganti cairan elektrolit tubuh
  12. Mengontrol berat badan untuk program die
  13. Mencegah penuaan dini
  14. Menetralkan racun
  15. Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 dan memacu pertumbuhan DNA.